Strategi Kemitraan Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi Untuk Meningkatkan Perekonomian Petani Tembakau Perspektif Fiqh Muamalah di PT. Sadhana Jember

JUHAIRIYAH, M.E (2024) Strategi Kemitraan Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi Untuk Meningkatkan Perekonomian Petani Tembakau Perspektif Fiqh Muamalah di PT. Sadhana Jember. Masters thesis, UIN Kiyai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
JUHAIRIYAH_223206060022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (30MB)

Abstract

Juhairiyah, 2024, Strategi Kemitraan Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi Untuk Meningkatkan Perekonomian Petani Tembakau Perspektif Fiqh Muamalah di PT. Sadhana Jember. Pembimbing I Dr. H. Abdul Rokhim, S. Ag., M.E.I. Pembimbing II Dr. Nikmatul Masruroh, M.E.I.
Kata Kunci : Strategi Kemitraan, Pemberdayaan Ekonomi, Fiqh Muamalah

Kemitraan adalah jalinan kerjasama usaha yang merupakan strategi bisnis yang dilakukan antara dua pihak atau lebih dengan prinsip saling membutuhkan, saling memperbesar dan saling menguntungkan. Hubungan kerjasama tersebut tersirat adanya satu pembinaan dan pengembangan Hal ini dapat terlihat karena pada dasarnya masing-masing pihak pasti mempunyai kelemahan dan kelebihan, justru dengan kelemahan dan kelebihan masing- masing pihak akan saling melengkapi dalam arti pihak yang satu akan mengisi dengan cara melakukan pembinaan terhadap kelemahan yang lain dan sebaliknya.
PT. Sadhana merupakan perusahaan tembakau yang ada di Jember bertujuan untuk memberikan pemberdayaan pada petani tembakau. Penelitian di fokuskan pada: 1) Bagaimana strategi kemitraan yang diterapkan oleh PT. Sadhana Jember untuk meningkatkan perekonomian petani tembakau?. 2) Bagaimana pola kemitraan pada PT. Sadhana Jember dalam perspektif fiqh muamalah?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deksriptif dengan instrumen kunci peneliti sendiri. Lokasi penelitian pada PT. Sadhana Jember di Desa Tegal Rejo Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data yang diperoleh terdiri dari sumber data primer dan sekunder.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pola kemitraan yang dijalankan oleh PT. Sadhana adalah pola kemitraan inti plasma dengan lembaga sebagai penyedia barang dan pemasaran produk, serta memiliki sistem bagi hasil dengan memberikan modal kepada petani sebagai mitranya. Keberadaan konsep kemitraan PT. Sadhana dapat memberikan pemberdayaan, peningkatan pendapatan, dan kesejahteraan bagi anggota/mitra-mitranya. Pemberdayaan yang dilakukan berupa pembinaan terhadap anggota tentang bagaimana caranya agar dapat melakukan budidaya tembakau dengan cara dan waktu yang lebih efektif dan efisien. Dampaknya tentu akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan dan kesejahteraan dari masing-masing anggota. Kedua, dalam prateknya pola kemitraan pada PT. Sadhana Jember dalam perspektif fiqh muamalah sesuai dengan akad jual beli dan utang piutang serta mudharabah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Juhairiyah M.E
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:34
Last Modified: 02 Jul 2024 07:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35218

Actions (login required)

View Item View Item