Implementasi Pemanfaatan Learning Management System Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Afif Shofiyulloh, Ahmad (2024) Implementasi Pemanfaatan Learning Management System Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Afif Shofiyulloh_204101010005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Ahmad Afif Shofiyulloh, 2024: Implementasi Pemanfaatan Learning Management System Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci: efektivitas, implementasi, pembelajaran.
Inovasi pendidikan dalam pembelajaran semakin berkembang termasuk diantaranya menggunakan media teknologi informasi seperti learning management system (LMS). Selain pemanfaatannya yang lebih efektif dalam menyerap materi juga telah diterapkan secara luas oleh berbagai lembaga pendidikan termasuk di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Dengan adanya media interaktif tersebut proses pembelajaran tidak hanya terhenti pada jam belajar, namun siswa dapat mengikuti pembelajaran kapan pun dan dimanapun.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan LMS terhadap pembelajaran siswa. Ini juga bertujuan untuk memperkuat argumen tentang pentingnya perubahan rancangan dan strategi implementasi dalam pembelajaran yang lebih komprehensif, serta memberikan kebebasan kepada siswa dalam memilih sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan.
Fokus penelitian dalam penelitian ini bagaimana 1) Perencanaan pembelajaran dalam pemanfaatan LMS untuk memenuhi kebutuhan informasi materi pembelajaran sejarah kebudayaan Islam, dan 2) Langkah-langkah yang diambil oleh siswa untuk meningkatkan penggunaan LMS di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deduktif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari empat informan, yakni satu informan kunci, satu orang informan utama, dan dua informan pendukung dengan beberapa pertimbangan.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, diperoleh hasil bahwa: 1) Pemanfaatan LMS dalam pembelajaran yang mudah diakses mampu memberikan keragaman sumber belajar siswa dalam proses pembelajaran serta memperkaya pemahaman tentang materi yang telah atau akan dipelajari secara mandiri, 2) Siswa meningkatkan kemampuan penggunaan LMS dalam pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember guna mempemudah pembelajaran meliputi : 1) Penggunaan kalender kegiatan pembelajaran, 2) Pembaruan infromasi seputar tugas, nilai, dan tingkatan siswa, 3) komunikasi pembelajaran online, 4) Penggunaan menu lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Afif Shofiyulloh
Date Deposited: 02 Jul 2024 08:23
Last Modified: 02 Jul 2024 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35221

Actions (login required)

View Item View Item