Moh, Farhan (2024) Internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an lL-Itqon 2 Curahmalang Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-112-PAI-2024)
Moh Farhan_T20191316.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan akhlak menjadi aspek penting dalam sistem pendidikan nasional
Indonesia, terutama untuk mengatasi kemerosotan moral dan kurangnya nilai-nilai akhlak
pada generasi muda saat ini. Pondok pesantren tahfidzul qur'an (PPTQ) dapat menjadi
alternatif untuk membentuk akhlak mulia melalui program menghafal al-Qur'an yang
disertai dengan mempelajari makna dan mengimplementasikan nilai-nilai al-Qur'an dalam
kehidupan sehari-hari. PPTQ Al-Itqon 2 Curahmalang Rambipuji menerapkan pendekatan
ini dengan mewajibkan target hafalan al-Qur'an bagi santri, serta menyampaikan arti dan
cerita-cerita terkait akhlak dari ayat-ayat yang dihafal, dengan tujuan agar santri
memahami dan menerapkan nilai-nilai akhlak dalam interaksi dengan Allah, sesama
manusia, dan lingkungan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian
kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) jenis studi kasus.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses Internalisasi nilai-nilai Pendidikan
Akhlak pada santri di PPTQ Al-Itqon 2 Curahmalang Rambipuji ?. 2)Apa saja Dampak
Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Akhlak terhadap santri di PPTQ Al-Itqon 2
Curahmalang Rambipuji.?
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pondok Pesantren Al-Itqon 2 menerapkan
tiga tahap internalisasi nilai akhlak, yaitu: tahap transformasi nilai: Ustadz dan kyai
menyampaikan nilai-nilai akhlak kepada santri secara verbal, meliputi akhlak terhadap
Allah, sesama manusia, dan lingkungan. Tahap transaksi nilai: Terjadi interaksi dua arah
antara pengurus/ustadz dan santri dalam menerapkan nilai-nilai akhlak terhadap Allah
(seperti shalat berjamaah), sesama manusia (tolong-menolong), dan lingkungan (terlibat
menjaga kebersihan dan kelestarian). Tahap transinternalisasi nilai: Santri memahami dan
menerapkan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan nyata, mencakup akhlak kepada Allah,
sesama manusia (empati, tolong-menolong), dan lingkungan (menjaga kebersihan,
kelestarian alam). 2) Dampak penanaman nilai-nilai pendidikan akhlak di Pondok
Pesantren al-Itqon 2 menegaskan bahwa berdampak besar dalam membentuk moral, etika,
karakter, dan spiritualitas para santri. Awalnya, santri baru cenderung menunjukkan perilaku kurang baik, tetapi setelah terlibat dalam pembelajaran formal dan mendapat
arahan dari ustadz serta kyai, perilaku dan sikap mereka berubah menjadi lebih positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130311 Pacific Peoples Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moh Farhan Uin Khas Jember |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 06:13 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 05:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35222 |
Actions (login required)
View Item |