Nafiah, Lailatun (2024) Peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam penguatan profil Pelajar Pancasila di Kelas X Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) 1 SMK Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-106-PAI-2024)
LAILATUN NAFIAH_202101010061_Watermarx.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Lailatun Nafiah, 2024: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Kelas X Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) 1 SMK Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Profil Pelajar Pancasila Kurikulum paradigma baru menekankan atau berfokus pada Profil Pelajar Pancasila, sehingga menjadi tantangan guru Pendidikan Agama Islam dalam
mengaplikasikannya. Oleh karena itu, melalui pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di kelas X Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) 1 SMK Negeri 2 Jember mempunyai komitmen untuk mengembangkan dan mencetak peserta didik yang berkarakter sesuai dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam dan budi pekerti sebagai pendidik dalam penguatan profil pelajar pancasila di Kelas X
Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) 1 SMK Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam dan budi pekerti sebagai Fasilitator dalam penguatan profil pelajar pancasila di Kelas X Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) 1 SMK Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024? 3) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam dan budi pekerti sebagai Evaluator
dalam penguatan profil pelajar pancasila di Kelas X Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) 1 SMK Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024?. Tujuan Penelitian mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai
Pendidik, Fasilitator dan Evaluator dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Kelas X Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) 1 SMK Negeri2 Jember
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi.
Model analisis yang digunakan adalah model Miles, Huberman dan Saldana. Langkahnya meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber Hasil penelitian ini adalah: 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai pendidik adalah guru bertanggung jawab membimbing, mengarahkan, mengajar, memelihara dan melatih peserta didik dengan tujun agar peserta didik dapat memiliki pengetahuan, akhlak terpuji dan kecerdasan dalam berfikir. Pendidik
menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan metode dan strategi yang sesuai untuk memudahkan pemahaman peserta didik. Menjadi Contoh yang baik denganpenanaman pendidikan karakter pada peserta didik di dalam pembelajaran PAI/BP. 2)
Peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai Fasilitator sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran melalui penggunaan media yakni slide powerpoint
(PPT) dengan sumber materi dari buku paket, materi dari internet, dan Al-quran. Guru PAI/BP juga berkolaborasi dengan guru mapel lain untuk penguatan profil pelajar
pancasila. 3) Peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai Evaluator adalah hasil belajar peserta didik yang diukur oleh guru dengan kegiatan penilaian
meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Lailatun Nafiah |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 07:39 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 08:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35225 |
Actions (login required)
View Item |