Efektivitas pengumpulan dana Zakat Infaq dan Sedekah melalui unit pengumpul Zakat di Badan Amil Zakat Nasional Jember

Khoiriyah, Umi (2024) Efektivitas pengumpulan dana Zakat Infaq dan Sedekah melalui unit pengumpul Zakat di Badan Amil Zakat Nasional Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK-003-ZAWA-2024)
Umi Khoiriyah 204105040012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Umi Khoiriyah, Dr. H. Fauzan, S.Pd.,M.Si. 2024: Efektivitas Pengumpulan Dana Zakat Infaq Dan Sedekah Melalui Unit Pengumpul Zakat Di Badan Amil Zakat Nasional Jember

Kata Kunci: Efektivitas Pengumpulan Dana Zakat Infaq Dan Sedekah, Unit Pengumpul Zakat, Badan Amil Zakat Nasional Jember

Pengumpulan zakat infak sedekah dari 2002 sampai 2022 mengalami peningkatan. Namun Jika dilihat dari potensi zakat yang ada maka jumlah dana zakat yang terkumpul ini masih jauh dari kata optimal. Hal ini terjadi karena kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pengelola zakat, masyarakat lebih percaya dengan adanya Unit Pengumpul Zakat dari pada lembaga , dan juga melihat dari program Badan Amil Zakat Nasional pengumpulan melalui Unit Pengumpul Zakat di berbagai masjid, sekolah dll. Jadi masyarkat lebih banyak membayar Zakat Infak Sedekah nya di Unit Pengumpul Zakat.
Fokus penelitian yang diteliti oleh peneliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaiamana Sistem Pengumpulan Dana Zakat Infak Sedekah di Badan Amil Zakat Nasional Jember? 2) Bagaimana Efektivitas Pengumpulan Dana Zakat Infak Sedekah Melalui Unit Pengumpul Zakat di Badan Amil Zakat Nasional Jember ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Pengumpulan Dana Zakat Infak Sedekah di Badan Amil Zakat Nasional Jember. 2) Untuk mendeskripsikan Efektivitas Pengumpulan Dana Zakat Infak Sedekah Melalui Unit Pengumpul Zakat di Badan Amil Zakat Nasional Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di Jl. Nusantara No18, Kaliwates Kidul, Kaliwates, Jember Regency, Jawa Timur, kantor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Adapun keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Sistem Pengumpulan Dana Zakat Infak Sedekah Di Badan Amil Zakat Nasional Jember sejauh ini masih berfokuskan kepada ASN (Aparatur Sipil Negara) yang ada di Jember. 2) Keefektivitasan penggunaan Badan Amil Zakat Nasional itu masuk pada kategori self assessment yaitu zakat dihitung dan dan dibayarkan sendiri oleh muzakki, atau disampaikan ke lembaga badan amil zakat untuk di distribusikan kepada yang berhak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ms. Umi Khoiriyah
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:54
Last Modified: 10 Jul 2024 02:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35227

Actions (login required)

View Item View Item