Ristiani, Rela Ayu (2024) Implementasi Manajemen Kearsipan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Pada Seksi Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-037-MPI-2024)
Rela Ayu Ristiani_T20193144-1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Rela Ayu Ristiani, 2024: Implementasi Manajemen Kearsipan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayan Administrasi Pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren di Kementerian Agama Kabupaten Jember
Kata Kunci: Manajemen Kearsipan dan Kualitas Pelayan Administrasi
Kearsipan memegang peranan penting sebagai pusat ingatan, sumber informasi dan sebagai alat pengawasan. Kegiatan kearsipan menjadi pendukung untuk menunjang kegiatan oprasional. Dengan adanya kegiatan kearsipan dapat meningkatkan Kualitas pelayanan Administrasi. Kegiatan Administrasi akan lebih efektif dan efisien apabila didukung dengan manajemen yang baik.
Fokus Penelitian dalam Skripsi ini adalah: 1.Bagaimana Perencanaan manajemen kearsipan dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren di Kementerian Agama Jember? 2. Bagaimana Pelaksanaan manajemen kearsipan dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren di Kementerian Agama Jember? 3. Bagaimana Evaluasi manajemen kearsipan dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren di Kementerian Agama Jember?
Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganosasian, pelaksanaan dan Evaluasi Implementasi Manajemen Kearsipan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayan Administrasi Pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren di Kementerian Agama Kabupaten Jember.
Peneliti ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah: Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan interaktif Miles dan Huberman dengan langkah-langkah: 1) Kondensasi data 2) Penyajian data 3) Penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan manajemen kearsipan dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi dimulai dengan pentingnya SDM kearsipan, dalam pengelolaan arsip mulai dari tahap penentuan SDM Kearsipan, pemeliharaan, pembiayaan dan perlengkapan arsip. 2) Pelaksanaan manajemen kearsipan dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi dimulai dengan Dimulai penciptaan dan penerimaan surat/dokumen, dan melakukan pengarsipan pada aplikasi Srikandi. Kegiatan arsip yang didukung dengan adanya peralatan dan perlengkapan kearsipan yang lengkap dan memadai, 3) Evaluasi yang dilakukan satu minggu sekali atau paling lambat satu bulan sekali dengan melaporkan hasil kinerja para staff dapat meningkatkan kualitas pelayanan administrasi pada Seksi Pendidikana Diniyah dan Pondok Pesantren di Kementerian Agama Jember
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150303 Corporate Governance and Stakeholder Engagement 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Rela Ayu Ristiani |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 02:37 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 02:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35229 |
Actions (login required)
View Item |