Penerapan kegiatan muhadharah dalam membentuk kesehatan mental pada santri di pondok pesantren al-muniroh ujungpangkah gresik

Atho', Alman'u Ainul (2024) Penerapan kegiatan muhadharah dalam membentuk kesehatan mental pada santri di pondok pesantren al-muniroh ujungpangkah gresik. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-085-PAI-2024)
Alman'u Ainul Atho'_T20191098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

Alman’u Ainul Atho, 2024: Penerapan Kegiatan Muhadaharah dalam Membentuk Kesehatan Mental Pada Santri di Pondok Pesantren Al-Muniroh Ujungpangkah Gresik.

Kata kunci: kegiatan muhadharah, kesehatan mental

Kesehatan mental adalah pengetahuan dan tindakan yang ditujukan untuk menciptakan dan menggunakan seluruh potensi serta bakat yang ada semaksimal mungkin, untuk memberikan kegembiraan pada diri sendiri dan orang lain serta terhindar dari masalah-masalah jiwa. maka pondok pesantren Al-Muniroh melaksanakan kegiatan muhadharah sebagai kegiatan yang dijadwalkan. Para santri diberi tugas oleh pengurus untuk menyampaikan pidato secara bergantian pada saat pelaksanaan kegiatan muhadharah dihadapan teman-temannya dengan tujuan melatih mental para santri agara percaya diri ketika berbicara didepan banyak orang dengan materi keagamaan sebagai bentuk pembelajaran ketika terjun dimasyarakat.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana penerapan kegiatan muhadharah dalam membentuk kesehatan mental sosial pada santri di pondok pesantren Al-Muniroh Ujungpangkah Gresik? 2) bagaimana penerapan kegiatan muhadharah dalam membentuk kesehatan mental spiritual pada santri di pondok pesesantren Almuniroh Ujungpangkah Gresik.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan muhadharah dalam membentuk kesehatan mntal sosial pada santri di pondok pesantren Al-Muniroh Ujungpangkah Gresik. 2) untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan mhadharah dalam membentuk kesehatan mental spiritual pada santri di pndok pesantren Al-Muniroh Ujungpangkah Gresik.
Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kajian pustaka dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Sedangkan tahapan penelitian menggunakan pra lapangan, lapangan dan pelaporan. Kesimpulan penelitan ini adalah: 1) Perencanaan kegiatan dilakukan oleh pengurus dengan cara pembagian tugas satu minggu sebelum kegiatan dilaksanakan menggunakan sistem bergilir. Untuk pelaksanaan kegiatan muhadharah dilakukan dua minggu sekali yakni pada hari kamis malam jum’at pon dan kliwon. Sedangkan jenis kegiatan muhadharah yang dapat membentuk kesehatan sosial adalah MC dan puisi yang berupa sikap pemimpin dan etika berbahasa pada orang lain. 2) Jenis kegiatan muhadharah yang dapat membentuk kesehatan spiritual adalah pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, Sholawat dan pidato dengan tujuan membentuk santri yang berikhtiar, khusyu, tawadlu’ dan dapat memperaktikan materi keislaman. Sedangkan untuk evaluasi dilakukan setelah kegiatan selesai oleh pengurus yang berupa masukan-masukan dan saran atas kegiatan yang telah dilaksanakan agar santri yang bertugas minggu depan dapat lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111714 Mental Health
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Alman' Ainul Atho'
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:08
Last Modified: 03 Jul 2024 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35252

Actions (login required)

View Item View Item