Tradisi Pembacaan Dzikir Fida' Di Pesantren Darul Mubtadi'in Desa Tegalsari Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember (Studi Living Hadis)

Anisa, Riski (2024) Tradisi Pembacaan Dzikir Fida' Di Pesantren Darul Mubtadi'in Desa Tegalsari Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember (Studi Living Hadis). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANISA RISKI_U20172040.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Anisa Riski, 2024. Tradisi Pembacaan Dzikir Fida Di Pesantren Darul Mubtadi'in Desa Tegalsari Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember (Studi Living Hadis).
Kata Kunci: Dzikir Fida, Living Hadis.
Wujud dari living hadis di masyarakat lokal adalah diberlakukannya ritual-ritual pada saat-saat tertentu. Salah satunya adalah tradisi dzikir fida di Masjid Darul Abidin yang berada di dalam Pesantren Darul Mubtadiin milik Ky. Shodiq Abdussalam yang terletak di Desa Tegalsari, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) apa dasar hadis yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan dzikir fida di Pesantren Darul Mubtadiin Desa Tegalsari, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. 2) bagaimana kontekstualisasi hadis dalam praktik tebus dosa pada pelaksanaan dzikir fida tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau studi kasus. Lokasi penelitian di Pesantren Darul Mubtadiin Desa Tegalsari, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Subyek penelitian yaitu pimpinan pesantren, warga pesantren dan warga sekitar. Teknik pengumpulan data dengan observasi(pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, penarikan/kesimpulan.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa 1) hadis yang dijadikan sebagai sandaran adalah hadis tentang bacaan surat al-Ikhlas sebagai tebusan jiwa. 2) kontekstualisasi hadis fida ialah dalam pelaksanaannya secara jama dan dilaksanakan pada hari selasa malam rabu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: mrs Riski Anisa
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:44
Last Modified: 02 Jul 2024 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35257

Actions (login required)

View Item View Item