Analisis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batik Tatzaka Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Tampo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi

Winarni, Aulia Tri (2024) Analisis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batik Tatzaka Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Tampo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI AULIA TRI WINARNI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Aulia Tri Winarni, Dr. Abdul Wadud Nafis, Lc., M.E.I 2024: Analisis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batik Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Batik Tatzaka Desa Tampo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi).

Kata Kunci : UMKM, Batik, Kesejahteraan Masyarakat

Usaha mikro kecil dan menengah merupakan bagian yang cukup besar dalam perekonomian masyarakat. Peran UMKM di Indonesia dapat mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi seperti, tingkat kemiskinan yang tinggi, jumlah pengangguran, dan aspek yang kurang baik. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, maka membutuhkan lapangan pekerjaan yang dapat menampung setiap angkatan kerja.
Fokus penelitian yang diteliti skripsi ini adalah : 1. Bagaimana peran UMKM Batik Tatzaka dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Tampo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi? 2. Apa faktor pendukung dan penghambat UMKM Batik Tatzaka dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Tampo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui peran UMKM Batik Tatzaka dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Tampo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. 2. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat UMKM Batik Tatzaka dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Tampo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif desktiptif dengan lokasi penelitian di UMKM Batik Tatzaka Desa Tampo, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data peneliti menggunakan empat hal, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan dalam penelitian ini, yaitu : 1. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat berperan dalam membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Tampo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. 2. Faktor pendukung Batik Tatzaka dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu dukungan pemerintah dan kemajuan teknologi sangat berperan dalam berkembangnya usaha. Sedangkan faktor penghambat Batik Tatzaka dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu keterbatasan modal, pencatatan keuangan manual, ketersediaan bahan baku yang sedikit, dan faktor cuaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Aulia Tri Winarni
Date Deposited: 02 Jul 2024 08:02
Last Modified: 02 Jul 2024 08:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35259

Actions (login required)

View Item View Item