Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Pada Sistem Ekskresi Kelas XI IPA 2 Di SMA Negeri Arjasa Jember.

Diana, Maslahatin (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Pada Sistem Ekskresi Kelas XI IPA 2 Di SMA Negeri Arjasa Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.

[img] Text
Diana Maslahatin_T20168011.pdf

Download (7MB)

Abstract

Diana Maslahatin, 2020: Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Pada Sistem Ekskresi Kelas XI IPA 2 Di SMA Negeri Arjasa Jember. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa, Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill). Pelajaran biologi merupakan bagian dari bidang sains yang menuntut kompetensi belajar pada ranah pemahaman tingkat tinggi, bahwasannya yang ditekankan pada mata pelajaran biologi bukan hanya menghafal segala aspek materi saja namun juga memahami segala konsep biologi. Dalam pemahaman tingkat tinggi siswa, biasanya dihadapkan pada soal-soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill). Di SMA Negeri Arjasa sudah mulai diperkenalkan dengan soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) walaupun tidak pada semua kelas dan tidak selalu diterapkan disetiap pembelajaran, khususnya pada pembelajaran biologi. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA 2 di SMA Negeri Arjasa Jember? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri Arjasa Jember dalam menyelesaikan soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini mengggunakan teknik purposive sampling, adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri Arjasa Jember pada materi sistem ekskresi dalam menyelesaikan soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) menunjukan hasil yang positif dengan nilai rata-rata 80,2. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa kelas XI IPA 2 yaitu sebesar 90 dan nilai terendah yang diperoleh sebesar 70. Dengan demikian, terdapat 22 siswa yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi karena telah memenuhi indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi pada ranah (C4) menganalisis, (C5) mengevaluasi, dan (C6) mencipta dengan baik, dan terdapat 14 siswa yang kemampuan berpikirnya masih belum mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi karena memiliki nilai rata-rata yang rendah dalam menyelesaikan soal berindikator (C4) menganalisis dan (C5) mengevaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:25
Last Modified: 07 Apr 2022 03:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3527

Actions (login required)

View Item View Item