Implementasi teori operan berbasis perkembangan belajar anak usia dini dalam melatih kemandirian di TK Islam Terpadu Al ghalib al-ikhlas Kabupaten Jember

Lu'lu', Siti Hajar (2024) Implementasi teori operan berbasis perkembangan belajar anak usia dini dalam melatih kemandirian di TK Islam Terpadu Al ghalib al-ikhlas Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-41-PI-2024)
WATERMARK SKRIPSI LULUK FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi Operan, Melatih Kemandirian Anak Usia Dini
Rentan awal terbentuknya kemandirian yang tidak sesuai yaitu terdapat
kesalahan di awal perkembangan pada masa usia dini. banyak orang tua yang
menyepelekan kemandirian anak pada saat usia dini dikarenakan merasa terlalu
dini untuk melakukan secara mandiri. Sehingga segala perilaku anak dimaklumi
bukan atas dasar ketidak mampuan. Karena hal tersebut Kemandirian anak mejadi
tidak sesuai dengan usianya maka disinilah perlu adanya perkembangan anak
dalam masa pembelajaran di sekolah.
Peneliti ini terdapat dua fokus penelitian yaitu bagaimana perilaku anak
saat baru memasuki sekolah di TK Islam Terpadu Al Gholib Al Ikhlas di
Kabupaten Jember dan bagaimana implementasi teori operan yang dilakukan
pendidik kepada anak usia dini untuk melatih kemandirian anak.
Tujuan dalam penelitian ini ialah agar peneliti mengetahui bagaimana awal
perilaku anak saat anak baru memasuki sekolah di TK Islam Terpadu Al Gholib
Al Ikhlas di Kabupaten Jember dan bagaimana Implementasi Teori Operan yang
dilakukan pendidik dan bagaimana hasil atau respon yang di berikan oleh setiap
anak.
Metode penelitian yang digunakan peneliti menggunakan purposive
sampling yang di mana dalam metode ini peneliti menggunakan teknik penelitian
kualitatif yang mengumpulan datanya menggukan obesrvasi, wawancara, dan
dokumentasi sehingga terciptalah hasil penelitian yang dituai dalam bentuk narasi
dan data-data yang telah ditemukan peneliti dalam bentuk deskripsikan melalui
hasil observasi, wawancara serta dokumentasi
Impelemtasi teori Operan berbasis perkembangan belajar yang dilakukan
guru menciptakan kebiasaan anak dalam kehidupan sehari hari dengan cara guru
memberikan sebuah latihan atau stimulus kepada anak di dalam sekolah yang
dimana latihan tersebut akan memunculkan sebuah respon dari setiap anak.
Respon tersebutlah yang merupakan hasil dari latihan yang diberikan oleh
pendidik. Jika anak memberikan respon yang tidak sesuai dengan tujuan
rangsangan, maka pelatihan yang di berikan pendidik tidak berhasil akan tetapi
jika respon yang diberikan anak sesuai dengan tujuan pendidik maka rangsangan
yang diberikan kepada anak telah berhasil dan hasl dari penelitian ini ilpmentasi
teori behavioristik yang diberikan pendidik melalui latihan dapat menghasilkan
respon yang sesuai dengan harapan pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170104 Forensic Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Mahasiswa Siti Hajar Lu'lu'
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:01
Last Modified: 03 Jul 2024 06:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35271

Actions (login required)

View Item View Item