Implementasi Service Excellent Dalam Layanan Pickup Tabungan Pada BMT NU Cabang Kalisat Jember

Karomah, Nur 'Afniyatul (2024) Implementasi Service Excellent Dalam Layanan Pickup Tabungan Pada BMT NU Cabang Kalisat Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text (SK-113-PS-2024)
Skripsi Nur 'Afniyatul_204105010036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi service excellent pada KSPPS BMT NU Cabang Kalisat yang sangat berpengaruh penting terhadap pihak nasabah. Service excellent merupakan upaya pihak bank dalam memberikan sebuah pelayanan yang terbaik terhadap kepuasan nasabah. Adanya pelayanan prima atau service excellent yang kemudian akan mampu mewujudkan kepuasan dalam diri konsumen, dapat membuat klien setia kepada BMT. Selain itu, service excellent harus menjadi bagian penting bagi budaya BMT yang tercermin dalam visi, misi, dan tanggung jawab. Lembaga keuangan salah satunya koperasi harus memberikan pelayanan terbaik (excellent service) untuk memenangkan persaingan dalam situasi yang bergerak maju dengan cepat serta semakin kompetitif. Salah satunya pelayanan yang diberikan oleh pihak BMT NU yaitu adanya sistem pickup tabungan oleh karyawan tabungan yang datang langsung kepasar, kerumah-rumah nasabah. Pickup tabungan memberikan kemudahan, meningkatkan loyalitas anggota dan memberikan rasa kekeluargaan yang terjalin antara pihak lembaga dengan anggotanya.
Fokus masalah yang diteliti adalah bagaimana implementasi service excellent dalam layanan pickup tabungan pada KSPPS BMT NU Cabang Kalisat Jember.
Tujuan masalah dalam skripsi ini untuk mengetahui implementasi service excellent dalam layanan pickup tabungan pada KSPPS BMT NU Cabang Kalisat Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitiain ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancar dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini bahwa implementasi sevice excellent dalam layanan pickup tabungan yang terdapat di BMT NU Cabang Kalisat bahwa penelitian ini menyoroti pelayanan yang luar biasa di BMT NU Cabang Kalisat, terutama dalam hal pickup tabungan. Karyawan BMT menunjukkan sikap yang baik, sopan, dan ramah, mencerminkan pelayanan prima. Mereka tanggap terhadap keadaan dan keluhan nasabah, serta fleksibel dalam menyesuaikan layanan sesuai situasi lapangan. Program menjemput tabungan langsung ke rumah nasabah menjadi bukti nyata komitmen BMT dalam memberikan layanan unggul. Karyawan tabungan menampilkan profesionalisme dan efisiensi, dengan manajemen waktu yang baik dan penampilan yang rapi. Semua ini berkontribusi pada pencapaian standar service excellent dan memperkuat hubungan antara nasabah dan BMT.
Kata kunci: Implementasi, Service excellent, Pickup tabungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150202 Financial Econometrics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Afni Nur 'Afniyatul Karomah
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:53
Last Modified: 03 Jul 2024 01:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35294

Actions (login required)

View Item View Item