Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Penerima Manfaat di Desa Ambulu Kabupaten Jember

Safitri, Elok (2024) Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Penerima Manfaat di Desa Ambulu Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elok Safitri_204105020095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB)

Abstract

Elok Safitri, Hikmatul Hasanah, 2024: Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Penerima Manfaat di Desa Ambulu Kabupaten Jember.

Kata Kunci: Efektivitas, Program Keluarga Harapan (PKH), Kesejahteraan
Program Keluarga Harapan (PKH) adalah sebuah program perlindungan sosial yang diberikan untuk masyarakat miskin dan rentan yang sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sejak diluncurkan pada tahun 2007, program ini telah tersalurkan dengan baik. Tak terkecuali Desa Ambulu yang juga menjadi sasaran bantuan sosial tersebut.
Penelitian ini mempunyai fokus masalah yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Ambulu Kabupaten Jember? 2) Bagaimana efektivitas pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Ambulu Kabupaten Jember?
Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Ambulu Kabupaten Jember. 2) untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Ambulu Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus dalam mengidentifikasi permasalahan tersebut. Teknik penentuan subjek penelitian yang digunakan yaitu teknik snowball, meneliti efektivitas PKH dalam meningkatkan kesejahteraan penerima manfaat di Desa Ambulu Kabupaten Jember. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Alur pelaksanaan PKH di Desa Ambulu sudah terlaksana dengan baik. Dengan beberapa faktor pendukung serta penghambatnya, seperti ditemukan kendala seperti tidak bisa mengakses kartu ATM dan melakukan pencairan uang bantuan sendiri. Namun terdapat faktor pendukung seperti KPM yang selalu antusias mengikuti seluruh kegiatan yang merupakan bagian dari program. 2) Efektivitas pelaksanaan PKH di Desa Ambulu sudah terlaksana dengan baik karena sesuai dengan 4 indikator program yaitu ketepatan sasaran, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan. Kesejahteraan KPM yang di ukur dengan 4 indikator pengukuran juga menunjukkan hasil bahwa KPM memilki perubahan yang lebih baik dari segi pendapatan, pemukiman/perumahan, kesehatan, dan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Elok Safitri
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:13
Last Modified: 03 Jul 2024 03:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35301

Actions (login required)

View Item View Item