Pengaruh Modal Kerja Dan Jenis Usaha Terhadap Pendapatan Bersih Pedagang Kaki Lima Dalam Perspektif Ekonomi Islam Pada Pedagang Kaki Lima Di Sekitar Alun-Alun Kota Jember

Maqfiroh, Sara Robi (2024) Pengaruh Modal Kerja Dan Jenis Usaha Terhadap Pendapatan Bersih Pedagang Kaki Lima Dalam Perspektif Ekonomi Islam Pada Pedagang Kaki Lima Di Sekitar Alun-Alun Kota Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-009-ES-2024)
Skripsi Sara Robi Maqfiroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (21MB)

Abstract

Pedagang Kaki Lima (PKL) banyak ditemui ditempat-tempat seperti alun-alun kota, pasar, trotoar jalan raya, maupun di sekolah atau kampus universitas. Tidak jarang keberadaan alun-alun kota menjadi lahan yang sangat trategis bagi pedagang kaki lima. Pedagang Kaki Lima yang berada di wilayah alun-alun kota terkadang memprmudah para konsumen berbelanja langsung tanpa harus masuk ke dalam toko. Pendapatan bersih pedagang kaki lima yang relatif kecil atau rendah sering di pengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah modal kerja yang relative rendah dan jenis usaha yang berbeda.

Fokus masalah yang hendak diteliti adalah: 1) Apakah modal kerja berpengaruh terhadap pendapatan bersih pedagang kaki lima di sekitar alun-alun Jember perspektif ekonomi Islam? 2)Apakah jenis usaha berpengaruh terhadap pendapatan bersih pedagang kaki lima di sekitar alun-alun Jember perspektif ekonomi Islam? 3)Apakah modal kerja dan jenis usaha berpengaruh terhadap pendapatan bersih pedagang kaki lima di sekitar alun-alun Jember perspektif ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh modal kerja terhadap pendapatan bersih pedagang kaki lima di sekitar alun-alun Jember perspektif ekonomi Islam. 2) Untuk mengetahui pengaruh jenis usaha terhadap pendapatan bersih pedagang kaki lima di sekitar alun-alun Jember perspektif ekonomi Islam. 3) Untuk mengetahui pengaruh modal kerja dan jenis usaha terhadap pendapatan bersih pedagang kaki lima di sekitar alun-alun Jember perspektif ekonomi Islam.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Selanjutnya menggunakan Uji Regresi Linear Berganda sebagai teknik analisis data diolah denga IBM SPSS Statistics 26 dengan jumlah sempel yang digunakan sebanyak 153 orang. Jawaban setiap item instrumen menggunakan skala likert. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Modal kerja berpengaruh terhadap pendapatan bersih pedagang kaki lima di sekitar alun-alun Jember. 2)Jenis usaha berpengaruh terhadap variabel pendapatan bersih pedagang kaki lima di sekitar alun-alun Jember. 3)Modal kerja dan jenis usaha berpengaruh terhadap pendapatan bersih pedagang kaki lima di sekitar alun-alun Jember. Meskipun bahan-bahan yang digunakan sangat baik karena tidak adanya penimbunan serta jelas keberadaanya, namun beberapa pedagang sering melakukan tambahan modal melalui lembaga pembiayaan konvensional ataupun koperasi yang mengandung bunga.

Kata Kunci: modal kerja, jenis usaha, pendapatan bersih, pedagang kaki lima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140301 Cross-Sectional Analysis
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sara Robi Maqfiroh
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:22
Last Modified: 03 Jul 2024 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35305

Actions (login required)

View Item View Item