Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Biologi Materi Struktur dan Fungsi Sel Untuk Siswa Kelas XI MA Darussalam Kalibaru Banyuwangi

Fitrisia, Irma Aidya (2024) Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Biologi Materi Struktur dan Fungsi Sel Untuk Siswa Kelas XI MA Darussalam Kalibaru Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-024-TADRIS-BIO-2024)
Irma Aidya Fitrisia_T20178036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Irma Aidya Fitrisia, 2024 : Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Biologi Materi Struktur dan Fungsi Sel Untuk Siswa Kelas XI MA Darussalam Kalibaru Banyuwangi.

Kata Kunci : Bahan Ajar, Buku Saku Biologi, Struktur dan Fungsi Sel

Materi struktur dan fungsi sel merupakan materi yang cukup sulit dipahami oleh siswa kelas XI MA Darussalam Kalibaru Banyuwangi, hal ini diketahui melalui angket kebutuhan siswa yang disebar. Kurangnya bahan ajar juga menjadi penghambat dalam proses pemahaman siswa. Hal ini berakibat pada keaktifan siswa dalam bertanya maupun menjawab, nilai harian dan ulangan siswa yang tidak mencapai target tertentu. Maka dari itu diperlukan bahan ajar tambahan yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja, dengan materi yang cukup lengkap, namun dengan desain yang sederhana.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana kevalidan bahan ajar buku saku biologi materi Struktur dan Fungsi Sel untuk siswa kelas XI di MA Darussalam Kalibaru Banyuwangi, dan (2) Bagaimana respon siswa setelah belajar menggunakan bahan ajar buku saku biologi materi Struktur dan Fungsi Sel untuk siswa kelas X di MA Darussalam Kalibaru Banyuwangi.
Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model ADDIE, dimana ada lima tahapan yaitu: Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembagan (Development), Implementasi (Implementation), dan yang terakhir Evaluasi (Evaluation). Dengan tehnik pengumpulan data melalui wawancara ke guru biologi dan siswa kelas XI MA Darussalam Kalibaru Banyuwangi, sebar angket kebutuan siswa, validasi oleh tim ahli materi, tim ahli media, ahli bahasa dan guru biolgi. Serta melakukan uji coba skala kecil dan besar yang beranggotakan siswa kelas XI untuk mengetahui respon siswa.
Hasil dari penelitian produk bahan ajar buku saku biologi dengan materi struktur dan fungsi sel untuk siswa kelas XI IPA di MA Darussalam Kalibaru Banyuwangi sebagai berikut: (1) a). Nilai persentase akhir dari tim ahli materi sebesar 83,3%, dengan kriteria sangat valid. b). Nilai persentase akhir dari tim ahli media sebesar 92,4%, dengan kriteria sangat valid. c). Nilai Persentase akhir dari ahli bahasa sebesar 85% dengan kriteria sangat valid. d). Pada data guru biologi, nilai persentase akhir yang diperoleh sebesar 85%, dengan kriteria sangat valid. (2) a). Pada data skala kecil memperoleh nilai persentase akhir sebesar 82,6%, dengan kriteria sangat baik. b). Data skala besar memperoleh nilai persentase akhir sebesar 83%, dengan kriteria sangat baik. Hasil perolehan rata-rata dari keenam nilai akhir tersebut yaitu sebesar 85,2% dengan kriteria sangat baik.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar buku saku biologi secara keseluruhan dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan sebagai bahan ajar tambahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Irma Aidya Fitrisia
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:42
Last Modified: 15 Jul 2024 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35315

Actions (login required)

View Item View Item