Insecure dalam Perspektif Hadis (Studi Tematik Hadis)

Rohmah, Izzatur (2024) Insecure dalam Perspektif Hadis (Studi Tematik Hadis). Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
izzatur rohmah_201104020004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB)

Abstract

Kemajuan teknologi memberi dampak yang signifikan dalam kehidupan manusia, penggunaan media sosial menjadi hal penting dalam kehidupan. Namun disamping itu, kemajuaun teknologi ini menciptakan standar dalam kehidupan, bahkan menjadikan standar tersebut sebagai gaya hidup. Tidak terpenuhinya standar tersebut menjadi salah satupenyebab munculnya Insecure. Kemudian didukung dengan perilaku Masyarakat yang mengagungkan standarisasi tersebut menjadikan mereka yang tidak memenuhi standar semakin merasa insecure secara berlebih.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana bentuk insecure dalam hadis Nabi Muhammad SAW?. 2) Bagaimana Kontekstualisasi hadis tentang insecure dimasa sekarang? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui hadis hadis yang menguraikan tentang Insecure, menggunakan beberapa kata kunci yang memiliki kesamaan makna dengan konsep Insecure. 2) Mengidentifikasi Implementasi hadis tentang insecure dimasa sekarang.
Hasil penelitian ini yaitu terdapat 6 hadis yang di dalamnya menunjukkan bentuk insecure. Berdasarkan beberapa konteks yang dipaparkan, menunjukkan bahwa di zaman Rosulullah insecure sudah terjadi hanya saja dengan konotasi dan penyebab yang positif dan berbeda dengan konteks insecure pada masa sekarang. Sehingga disimpulkan hadis hadis tentang insecure yang ada pada zaman Nabi Muhammad merupakan larangan untuk berlaku insecure, dan perintah untuk menerima serta berserah diri hanya kepada Allah. Jika dihadapkan dengan kondisi di masa sekarang, hadis-hadis tersebut relevan untuk diterapkan.
Kata Kunci : Insecure, Hadis Tematik, Kontekstualisasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Ms Izzatur Rohmah
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:10
Last Modified: 05 Jul 2024 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35318

Actions (login required)

View Item View Item