Hierarki Kebutuhan Menurut Abraham H. Maslow Dan Relevansinya Dengan Kebutuhan Siswa Dalam Pembelajaran IPS

Nur Afifah, oktavia (2021) Hierarki Kebutuhan Menurut Abraham H. Maslow Dan Relevansinya Dengan Kebutuhan Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
Nur Afifah Oktavia_T20179044.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nur Afifah Oktavia, 2021: Hierarki Kebutuhan Menurut Abraham H. Maslow Dan Relevansinya Dengan Kebutuhan Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Kata Kunci: Hierarki Kebutuhan, Abraham H. Maslow, Kebutuhan Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian guru terhadap kebutuhan siswa dalam pembelajaran. Kebanyakan guru pada saat pembelajaran hanya mengajarkan materi saja tanpa mencari tau apa yang dibutuhkan oleh masing-masing siswa. Atas dasar ini peneliti mengharapkan perubahan sudut pandang guru terhadap kebutuhan siswa yang didasrkan dengan teori hierarki kebutuhan menurut Abraham H. Maslow. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana hierarki kebutuhan menurut Abraham H. Maslow? 2) Bagaimana relevansi hierarki kebutuhan menurut Abraham H. Maslow dengan kebutuhan siswa dalam pembelajaran IPS? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan hierarki kebutuhan menurut Abraham H. Maslow. 2) Mendeskripsikan relevansi hierarki kebutuahan menurut Abraham H. Maslow dengan kebutuhan siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research yakni memperoleh data dengan cara menggunakan sumber-sumber dari buku, jurnal, majalah, hasil-hasil penelitian dan sumber-sumber lainnya yang sesuai. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 yakni data primer dan data sekunder. Setelah data tekumpul, maka diklasifikasikasikan sesuai dengan masalah yang dibahas, kemudian mnganalisis isi (content analisys), membandingkan data yang satu dengan yang lain kemudian di interpretasikan kemudian kemudian di beri kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Hierarki kebutuhan menurut Abraham Maslow dibagi menjadi lima tingkatan yaitu: Kebutuhan Fisiologis, Kebutuhan Rasa Aman, Kebutuhan akan Rasa Cinta, Kasih Sayang dan Memiliki, Kebutuhan Harga Diri, Kebutuhan Aktualisasi Diri. 2) Adanya relevansi antara hierarki kebutuhan Maslow dengan kebutuhan siswa dalam pembelajaran IPS. Menurut teori kebutuhan Maslow dijelaskan bahwa manusia membutuhkan akan makan hingga kebutuhan akan aktualisasi diri atau pengembangan diri. Karena pada dasarnya dalam pembelajaran siswa itu perlu yang namanya perhatian penuh dari seorang guru. Mulai dari kebutuhan istirahat, keamanan, penghargaan, kasih sayang, serta mengasah kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:01
Last Modified: 24 Mar 2022 02:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3533

Actions (login required)

View Item View Item