Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Al Baitul Amien 02 Jember

Asmarani, Della (2024) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Al Baitul Amien 02 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WATERMARK SKRIPSI DELLA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Della Asmarani, 2024: “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Al Baitul Amien 02 Jember”
Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Kepala Sekolah, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Kepemimpinan merupakan salah satu hal yang berpengaruh pada kesuksesan suatu lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan yang unggul memiliki pemimpin hebat yang dapat mengawasi, mengontrol segala aktivitas yang ada dalam suatu lembaga. Kepemimpinan merupakan suatu kegiatan mempengaruhi, mengawasi, mengontrol, memotivasi, hingga menginspirasi seluruh anggota yang ada dalam suatu organisasi.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam mempengaruhi bawahannya pada penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Al Baitul Amien 02 Jember? 2) Bagaimana kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam memberikan motivasi bawahannya pada penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Al Baitul Amien 02 Jember? 3) Bagaimana kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam mengasah kreatifitas para bawahannya pada penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Al Baitul Amien 02 Jember? 4) Bagaimana kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam memperhatikan bawahannya pada penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Al Baitul Amien 02 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam mempengaruhi bawahannya, 2) Mendeskripsikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam memberikan motivasi bawahannya, 3) Mendeskripsikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam mengasah kreatifitas para bawahannya, 4) Mendeskripsikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam memperhatikan bawahannya pada penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Al Baitul Amien 02 Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan model deskriptif kualitatif, menganalisis data menggunakan 3 langkah, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Upaya yang dilakukan dalam mempengaruhi bawahannya yakni menjaga komunikasi, menjaga keseimbangan dalam bekerja, dan menumbuhkan rasa kepuasan dalam bekerja kepada karyawannya. 2) Upaya yang dilakukan dalam memotivasi bawahannya yakni menjaga komunikasi, memberikan dukungan emosional, dan seorang pemimpin dapat menjadi panutan anggotanya. 3) Upaya yang dilakukan dalam mengasah kreatifitas bawahannya yakni dengan memberikan kebebasan berfikir dan bereksplorasi, lalu mendukung kerja sama antar tim. 4) Upaya yang dilakukan dalam memperhatikan bawahannya yakni dengan mengenal bawahan dengan baik, menjadi pendengar yang baik, dan pemimpin dapat mengatasi masalah dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Della Asmarani
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:41
Last Modified: 03 Jul 2024 02:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35331

Actions (login required)

View Item View Item