Dr. Nurul Widyawati IR, S.sos M. Si AK 2021: Studi Komparasi Sistem Retur Pada Penjualan Online Dan Offline Reseller Baju Di Toko Baju Ibu Umi Kecamatan Puger Kabupaten Jember

DINDA ADE TASYA PUTRI, - (2021) Dr. Nurul Widyawati IR, S.sos M. Si AK 2021: Studi Komparasi Sistem Retur Pada Penjualan Online Dan Offline Reseller Baju Di Toko Baju Ibu Umi Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah.

[img] Text
DINDA ADE TASYA PUTRI_E20172221.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dinda Ade Tasya Putri, Dr. Nurul Widyawati IR, S.sos M. Si AK 2021: Studi Komparasi Sistem Retur Pada Penjualan Online Dan Offline Reseller Baju Di Toko Baju Ibu Umi Kecamatan Puger Kabupaten Jember Toko Baju Ibu Umi ini merupakan toko baju yang penjualannya menggunakan sistem jual beli online dan offline. Salah satu bentuk sistem penjualan online yaitu menggunakan media seperti Facebook, Whatshap, Website. Sedangkan pada sistem penjualan offline konsumen mendatangi langsung ke tokonya. Fokus penelitian ini adalah: 1.) Bagaimana studi komparasi sistem retur pada penjualan online dan offline reseller baju di toko baju Ibu Umi Kecamatan Puger Kabupaten Jember? 2.)Bagaimana tingkat kerugian jika terjadi retur dalam penjualan online dan offline pada toko baju ibu umi Kecamatan Puger Kabupaten Jember? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam menentukan informan penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Penelitian ini menghasilkan bahwa: 1.) Toko Baju Ibu Umi merupakan toko yang melakukan penjualan Online dan Offline. Dalam jual beli sistem retur yang dilakukan di toko baju ibu umi melakukan sistem retur jual beli online dan offline dengan dua model yang berbeda yakni sistem retur jual beli online melaui jejaring media sosial seperti Facebook, Whatsaap. Sedangkan sistem retur offline konsumen harus datang langsung ke toko. Kedua sistem tersebut mempunyai tujuan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pembeli dan juga dengan adanya sistem retur juga untuk meningkatkan penjualan supaya pembeli lebih nyaman. 2.) Kerugian yang terjadi di toko baju ibu umi ini jika ada barang yang di retur, barang tersebut memang masih bisa di jual lagi, namun dengan harga yang berbeda dari harga awal, yaitu dengan harga yang lebih murah. Sehingga ini yang dapat menyebabkan kerugian. kerugiannya lebih banyak pada retur barang yang offline dikarenakan pembeli masih belum banyak yang mengetahui mengenai penjualan baju yang secara online, akibatnya jika terjadi retur pembeli meretur secara offline, sedangkan kerugian barang retur Online lebih sedikit, dikarenakan pembeli yang meretur barang tersebut jika terjadi pereturan barang malas mau menukarkan barangnya.. Kata kunci: Sistem Retur, Penjualan Online dan Offline

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 28 Mar 2022 04:21
Last Modified: 28 Mar 2022 04:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3536

Actions (login required)

View Item View Item