Konsep Self Healing Bagi Mental Perspektif Hadis Nabi: Studi Tematik Dengan Pendekatan Psikologi

Muharorah, Aulia (2024) Konsep Self Healing Bagi Mental Perspektif Hadis Nabi: Studi Tematik Dengan Pendekatan Psikologi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aulia Muharorah_U20192019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB)

Abstract

Aulia Muharorah, 2024. "Konsep Self Healing Bagi Mental Perspektif Hadis Nabi: Studi Tematik Dengan Pendekatan Psikologi.
Kata Kunci : Self Healing, Kesehatan Mental, Hadis Nabi, Psikologi, Pendekatan Psikologi.
Kesehatan mental menjadi isu penting yang banyak dibahas dekade belakangan ini. Perubahan sosial yang begitu cepat, perubahan gaya hidup, modernisasi teknologi informasi menyebabkan individu harus menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan kebutuhan yang menyertai. Perubahan bagi sebagian orang tidak banyak menimbulkan pengaruh, namun bagi sebagian lain dapat menimbulkan kecemasan, stress, depresi bahkan gangguan jiwa lebih berat. Hal ini karena tidak mudah menarik diri untuk dapat melakukan perubahan terutama jika sumber daya personal, ekonomi dan sosial tidak mendukung individu untuk berubah secara adaptif. Oleh karenanya menjaga agar mentalpsikis tetap sehat sejahtera individu perlu melakukan upaya penyembuhan diri begitu muncul kondisi psikologis negatif seperti kecemasan dan stress agar tidak berlanjut ke tingkat yang lebih parah (depresi, psikotik dsb).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan konsep self healing bagi mental dalam perspektif hadis Nabi Saw. Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu, 1). Bagaimana pandangan umum mengenai self healing, 2). Bagaimana hadis-hadis mengenai self healing, 3). Bagaimana konsep self healing bagi mental dalam perspektif hadis Nabi.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta metode tematik,takhrij, dan syarah dengan pendekatan psikologi. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa konsep self healing bagi mental sudah dicontohkan oleh Rasulullah dalam hadisnya.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep self healing ala Rasulullah seperti yang disampaikan dalam hadis tersebut dapat menjadi terapi bagi penderita gangguan mental. Penelitian ini menyarankan agar orang-orang yang sedang menghadapi masalah harus mengambil langkah-langkah penyembuhan diri seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw, dan kemudian para peneliti hadis harus menggunakan metode lain untuk memberikan pemahaman yang lebih luas tentang topik bahasan ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Ms Aulia Muharorah
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:18
Last Modified: 05 Jul 2024 01:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35361

Actions (login required)

View Item View Item