Mujib, Ahmad Mujib Ikhsan Muabrok (2024) Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Karakter Siswa Kelas VI Di Sekolah Dasar Islam Bustanul Ulum Sumberejo Ambulu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
WATERMARK SKRIPSI AHMAD MUJIB.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan karakter adalah salah satu tujuan dari kurikulum merdeka yang sekarang diterapkan pada beberapa lembaga pendidikan. Namun pada penerapannya masih banyak ditemui siswa-siwa yang mengalami kasus kenakalan-kenakalan pada anak, bahkan sekarang sering ditemui kenakalan pada siswa sekolah dasar. Salah satu faktor yang mempengaruhi karakter tersebut kemungkinan salah satunya adalah pendidikan di lingkungan keluarga.
Berdasarkan permasalahan penelitian di atas, maka tujuan penelitian ini adalah: Mengukur ada dan tidaknya pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dalam mempengaruhi karakter siswa kelas VI di Sekolah Dasar Islam Bustanul Ulum Sumberejo Ambulu.
Pendekatan penelitian yang dapat digunakan dalam studi ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian regresi. Pendekatan kuantitatif akan memungkinkan pengumpulan data dalam bentuk angka atau skala yang dapat
diukur secara objektif. Penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan jenis regresi, yaitu jenis penelitian yang dilakukan untuk menguji hubungan antara dua
atau lebih variabel. Dalam hal ini, regresi akan digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel dominan terhadap variabel reseptif. Yaitu dengan tujuan untuk mencari Pengaruh lingkungan keluarga terhadap karakter siswa kelas VI di SD Islam Bustanul Ulum Sumberejo Ambulu.
Hasil penilitian menunjukan bahwa, tidak ada pengaruh yang signifikan dari pendidikan di lingkungan keluarga terhadap karakter siswa kelas VI di SD Islam Bustanul Ulum Sumberejo Ambulu. Dimana hasil hitung SPSS menghasilkan nilai Sig. hitung 0.911 dimana nilai tersebut lebih besar dari 0.05 dimana H0 diterima dan H1 ditolak. Yang menghasilkan pembelajaran lingkungan keluarga berbanding terbalik dengan karakter siswa disekolah. Hasil yang tidak menunjukkan pengaruh signifikan dari pendidikan di lingkungan keluarga terhadap karakter siswa dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, sampel penelitian yang terbatas pada
siswa kelas VI SD Islam Bustanul Ulum Sumberejo Ambulu. Kedua, perbedaan variabel instrumen dengan penelitian terdahulu. Ketiga, faktor di luar variabel
penelitian, seperti pengaruh lingkungan masyarakat. Selain itu, batasan populasi yang hanya melibatkan siswa dan orang tua dari siswa kelas VI juga mempengaruhi generalisasi hasil penelitian. Dengan populasi yang lebih besar, mungkin hasil penelitian akan menunjukkan pengaruh signifikan dari lingkungan keluarga terhadap karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ahmad mujib ikhsan mubarok ikhsan |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 02:44 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 02:44 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35362 |
Actions (login required)
View Item |