Nofianti, Unik (2014) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS, MOTS, dan LOTS pada materi statistika di SMP Negeri 1 Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.
Text (SK-026-TADRIS-MTK-2024)
SKRIPSI_unik_nofianti.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (24MB) |
Abstract
Kesalahan matematis adalah suatu proses kurang tepat atau kurang
lengkap yang terjadi pada penyelesaian masalah matematika baik secara tertulis
ataupun lisan. Dalam metematika siswa diberikan masalah yang dituangkan dalam
bentuk soal latihan. Latihan soal diberikan untuk mengasah kemampuan siswa
dalam berpikir agar dapat memecahkan masalah yang diberikan di soal. Tingkat
kemampuan berpikir siswa berpengaruh terhadap cara siswa memecahkan suatu
masalah. Maka dari itu diperlukan seringnya diberikan latihan soal kepada siswa
untuk meningkatkan tingkat kemampun berpikir agar tidak terjadi kesalahan –
kesalahan dalam menyelesaikan sebuah masalah atau soal.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana kesalahan siswa dalam menyelesaikan
soal matematika tipe Higher Order Thinking Skillss (HOTS), Middle Order
Thinking Skillss (MOTS), dan Low Order Thinking Skills (LOTS) pada materi
statistika. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam
menyelesaikan soal matematika tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS),
Middle Order Thinking Skills (MOTS), dan Low Order Thinking Skills
(LOTS)pada materi statistika.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitaif yang dilakukan di SMP Negeri 1 Bangsalsari Jember. Penentuan subjek
diambil dari 3 siswa yang mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi sedang
dan rendah dilihat dari hasil tes dengan tipe soal Higher Order Thinking Skills
(HOTS), Middle Order Thinking Skills (MOTS), dan Low Order Thinking Skills
(LOTS). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan tipe soal Higher
Order Thinking Skills (HOTS), Middle Order Thinking Skills (MOTS), dan Low
Order Thinking Skills (LOTS), tes soal kesalahan matematis dan wawancara.
Analisis data pada penelitian ini menggunakan Milles dan Huberman serta
menggunakan triangulasi teknik
Hasil analisis data pada siswa dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu
melakukan 1 kesalahan dari 5 indikator kesalahan yakni kesalahan keterampilan
proses. Pada siswa dengan kemampuan berpikir tingkat sedang yaitu melakukan 2
kesalahan dari 5 indikator kesalahan yakni kesalahan keterampilan proses dan
keslahan penulisan jawaban akhir. Pada siswa dengan kemampuan berpikir rendah
yaitu melakukan 4 kesalahan dari 5 indikator kesalahan yakni kesalahan
pemahaman, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan
kesalahan penentuan jawaban akhir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Unik Nofianti |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 02:26 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 05:48 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35367 |
Actions (login required)
View Item |