Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan UMKM (Uaha Mikro , Kecil Dan Menengah ) Studi Kasus Pada Toko Sembako Rayyan Di Tegal Besar

Elisa Bimadhiha, Bella (2024) Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan UMKM (Uaha Mikro , Kecil Dan Menengah ) Studi Kasus Pada Toko Sembako Rayyan Di Tegal Besar. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK-061-ES-2024)
Skripsi Full Fiks.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

Elisa Bimadhiha Bella, Prof. Dr. H. Babun Suharto, S.E., M.M.. ,2024 : Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan UMKM (Usaha Mikro , Kecil Dan Menengah)Study Kasus Pada Toko Sembako Rayyan Di Tegal Besar

UMKM yang dilakukan perorangan ataupun badan usaha tidak akan mengalami kemajuan apapun jika hanya dilakukan secara manual tanpa melibatkan tegnologi yang sudah berkembang secara maju sepert saat ini,media sosial adalah cara yang efektif bagi bisnis untuk berkomunikasi dengan memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan. Misalnya, melalui komentar, pesan langsung, atau platform live streaming, UMKM dapat menjawab pertanyaan, menerima umpan balik, dan membangun hubungan yang lebih dekat.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana penggunaan media sosial oleh UMKM di Kelurahan Tegal Besar untuk mempromosikan produk dan jasa mereka?2)Bagaimana peran media sosial dalam mendukung strategi pemasaran dan promosi toko sembako rayyan di Tegal Besar?
Penelitian ini bertujuan untuk : 1.Untuk mengetahui strategi optimalisasi penggunaan whatsapp dalam pemasaan dapat meningkatkan penjualan dan memperkuat interaksi langsung dengan konsumen di toko Sembako Rayyan.2.Untuk mengetahui peran media sosial facebook dapat lebih dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan, memfasilitasi interaksi dengan konsumen, dan memperluas jangkauan pasar bagi toko Sembako Rayyan di Tegal Besar.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitati, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah terletak di Jln. Moh Yamin no.7 Tegal Besar Jember. Pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu adalah suatu teknik yang disebut sebagai “purposive sampling”.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan Tringulasi metode.
Kesimpulan penelitian ini adalah, 1. Pemasaran melalui media sosial seperti Whatsapp terbukti berhasil meningkatkan penjualan serta memungkinkan interaksi langsung dengan konsumen di Toko Sembako Rayyan .2.Peran media sosial seperti facebook dalam strategi pemasaran juga terbukti efektif karena mampu meningkatkan penjualan, memfasilitasi interaksi dengan konsumen, memperluas jangkauan pasar untuk Toko Sembako Rayyan di Tegal Besar.

Kata Kunci: Media Sosial, Pemasaran, UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Elisa Bimadhiha Bella
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:22
Last Modified: 10 Jul 2024 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35368

Actions (login required)

View Item View Item