Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Membaca Permulaan Siswa Kelas I di MI Raudhatul Jannah Unggulan Jenggawah

nuraini, dewiputri (2024) Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Membaca Permulaan Siswa Kelas I di MI Raudhatul Jannah Unggulan Jenggawah. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-054-PGMI-2024)
skripsi dewi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci : Media Pembelajaran Scrapbook, Membaca Permulaan.
Pembelajaran yang monoton kenyataannya dapat menyebabkan proses pembelajaran di dalam kelas menjadi membosankan. Penggunaan media pembelajaran dapat membantu dalam mengatasi hambatan-hambatan saat pembelajaran. Berdasarkan fakta yang ditemukan di sekolah guru hanya menggunakan media pembelajaran seperti papan tulis, buku paket, kartu huruf dan menggunakan metode ceramah. Guru tidak memaksimalkan penggunaan media pembelajaran, guru hanya menggunakan media buku. Sehingga peneliti mengembangkan media scrapbook agar pembelajaran di kelas tidak membosankan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana produk hasil pengembangan media scrapbook pada materi membaca permulaan siswa kelas I di MI Raudhatul Jannah Unggulan Jenggawah. 2) Bagaimana kelayakan media scrapbook pada materi membaca permulaan siswa kelas I di MI Raudhatul Jannah Unggulan Jenggawah. 3) Bagaimana kemenarikan media scrapbook pada materi membaca permulaan siswa kelas I di MI Raudhatul Jannah Unggulan Jenggawah.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk menghasilkan produk yang berupa media scrapbook pada materi membaca permulaan siswa kelas I di MI Raudhatul Jannah Unggulan Jenggawah. 2) Untuk mengetahui kelayakan media scrapbook pada materi membaca permulaan siswa kelas I di MI Raudhatul Jannah Unggulan Jenggawah. 3) Untuk mengetahui kemenarikan media scrapbook pada materi membaca permulaan siswa kelas I di MI Raudhatul Jannah Unggulan Jenggawah.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: 1) Analysis yakni analisis kurikulum, kebutuhan dan karakteristik pembelajaran. 2) Design yakni pemilihan rujukan materi, format dan rancangan awal media. 3) Development yakni validasi oleh satu ahli materi, bahasa dan guru kelas. 4) Implementation yakni penyampaian materi kepada peserta didik. 5) Evaluation yakni antusias peserta didik, peningkatan keikutsertaan peserta didik dan kelebihan serta kekurangan dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni lembar pedoman wawancara, lembar angket validasi, lembar angket respon peserta didik.
Hasil penelitian ini adalah 1) Media pembelajaran scrapbook pada materi membaca permulaan siswa kelas I. 2) Media pembelajaran scrapbook dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentase kevalidan oleh ahli materi sebesar 97%, ahli media 78%, dan guru kelas 90%. 3) Hasil Respon peseta didik terhadap media pembelajaran scrapbook didapatkan nilai pesentase sebesar 81,5% untuk uji coba lapangan dan masuk pada kategori “sangat menarik”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dewi Putri
Date Deposited: 04 Jul 2024 06:27
Last Modified: 15 Jul 2024 01:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35369

Actions (login required)

View Item View Item