Praktik Akad Jual Beli Bibit Hewan Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Jual Beli Sapi Bali Di BPTU-HPT Denpasar Desa Pangyangan Kecamatan Pekutatan)

Khoiriyah, Latifatul (2024) Praktik Akad Jual Beli Bibit Hewan Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Jual Beli Sapi Bali Di BPTU-HPT Denpasar Desa Pangyangan Kecamatan Pekutatan). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-028-HES-2024)
LATIFATUL KHOIRIYAH_204102020076 Watermarx.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Muamalah atau jual beli yaitu sebutan untuk kegiatan yang mengatur aspek gaya hidup orang lain dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dalam berinteraksi sosial. Sistem jual beli di BPTU-HPT Denpasar diatasi melalui beberapa cara yakni kesepakatan jual beli untuk bibit Sapi Bali yang siap disapih (sudah layak jual) dapat diatur sesuai kebutuhan dan persyaratan yang ditetapkan oleh para pihak yang terlibat. Namun cara tersebut terdapat unsur gharar (ketidakpastian) dan ketidakjelasan objek jual beli, yakni tidak ada jaminan didalamnya bahwa bibit Sapi Bali tersebut akan mengalami pertumbuhan menjadi bibit yang unggul nantinya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana sistem jual beli bibit sapi bali di BPTU-HPT Denpasar Desa Pangyangan Kecamatan Pekutatan? 2) bagaimana perspektif Hukum Ekonomi Syariah dalam akad jual beli bibit sapi bali yang dilakukan oleh BPTU-HPT Denpasar Desa Pangyangan Kecamatan Pekuatatan?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan terkait Praktik Akad Jual Beli Bibit Sapi Bali yang dilakukan oleh BPTU HPT Denpasar yang berlokasi di Desa Pangyangan Kecamatan Pekutatan. 2) Untuk menjelaskan wawasan Hukum Ekonomi Syariah tentang pelaksanaan Praktik Akad Jual beli Beli Bibit Sapi Bali yang dilakukan oleh BPTU HPT Denpasar yang terletak di Desa Pangyangan Kecamatan Pekutatan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis yuridis empiris, dan studi kasus (case study study) menjadi metode yang digunakan dalam penelituan ini. Maka dalam hal tersebut dilakukan pengamatan langsung ke lapangan guna menggali informasi terkait apa yang ingin diteliti, yaitu menggunakan metode wawancara kepada informan yang terkait akan hal yang akan diteliti. Dalam hal ini, peneliti ingin meneliti bagaimana Praktik akad jual beli yang diterapkan pada BPTU HPT Denpasar terhadap penjualan bibit sapi bali dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah di Desa Pangyangan Kecamatan Pekutatan.
Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Bahwa sistem jual beli bibit Sapi Bali yang dilakukan di BPTU-HPT Denpasar memakai jual beli dengan akad salam. 2) Dalam penerapan akad jual beli bibit Sapi Bali yang diterapkan oleh BPTU-HPT Denpasar telah sesuai dengan perspektif Hukum Ekonomi Syariah, karena rukun dan persyaratan dalam perjanjian telah terpenuhi serta telah sesuai dengan asas-asas perjanjian syariah. Tetapi ada unsur gharar dalam objek jual belinya yang mana saat akad, bibit Sapi Bali belum tersedia melainkan pihak penjual mencari dan menyiapkan bibit Sapi Bali yang diinginkan pembeli.
Kata Kunci : Jual Beli, Bibit Sapi Bali, Hukum Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012702 al-Salam & al-Istishna’
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Latifatul Khoiriyah
Date Deposited: 03 Jul 2024 04:28
Last Modified: 03 Jul 2024 04:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35374

Actions (login required)

View Item View Item