Analisis Risiko Pembiayaan Murabahah Pada Modal Tani Melalui Sistem Cash Tempo di BMT NU Cabang Sumbersari

Fadilah, Imroatul (2024) Analisis Risiko Pembiayaan Murabahah Pada Modal Tani Melalui Sistem Cash Tempo di BMT NU Cabang Sumbersari. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-021-PS-2024)
skripsi imroatul watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (19MB)

Abstract

Imroatul Fadilah, 2024: Analisis Risiko Pembiayaan Murabahah Pada Modal Tani Melalui Sistem Cash Tempo di BMT NU Cabang Sumbersari.
Kata Kunci: Risiko, Akad Murabahah, Pembiayaan
Dalam perkembangan jaman, lembaga keuangan atau perbankan di Indonesia semakin berkembang dan telah menunjukkan eksitensinya. Salah satu Lembaga Keuangan Syariah (LKS) salah satunya Baitul maal wat tanwil (BMT) juga menunjukkan eksitensinya dalam mengikuti perkembangan ekonomi. Seiring bertambahnya manusia yang membutuhkan pembiayaan maka BMT mampu memberikan layanan jasa keuangan yang berupa pembiayaan. Dominasi produk murabahah di BMT NU Cabang Sumbersari menyebabkan stakehoulder harus benar-benar siap dalam meminimalisir terjadinya potensi risiko yang mungkin terjadi di lapangan. Hal inilah yang menjadi ketertarikan peneliti untuk meneliti mulai dari awal calon anggota sampai proses pelunasan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan pembiayaan murabahah pada modal tani melalui sistem cash tempo di BMT NU Cabang Sumbersari? 2) Bagaimana risiko pembiayaan akad murabahah pada modal tani melalui sistem cash tempo di BMT NU Cabang Sumbersari? 3) Bagaimana pengendalian risiko pembiayaan murabahah pada modal tani melalui sistem cash tempo di BMT NU Cabang Sumbersari?
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan penerapan pembiayaan murabahah pada modal tani melalui sistem cash tempo di BMT NU Cabang Sumbersari. 2) untuk mendeskripsikan risiko pembiayaan murabahah pada modal tani melalui sistem cash tempo di BMT NU Cabang Sumbersari. 3) Untuk mendeskripsikan pengendalian risiko pembiayaan murabahah pada modal tani melalui sistem cash tempo di BMT NU Cabang Sumbersari
Penelitian ini dilakukan di BMT NU Cabang Sumbersari Jember dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terkait analisis data menggunakan deskriptif sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa 1) Pelaksanaan pembiayaan murabahah pada modal tani dengan sistem cash tempo di BMT NU ada dua cara, yang pertama BMT NU berperan sebagai penjual dan kedua pihak BMT NU menggunakan akad wakalah yaitu BMT NU diwakilkan oleh nasabah. 2) Risiko pembiayaan murabahah pada modal tani dengan menggunakan sistem cash tempo di BMT NU, tingkat risiko dapat diukur dengan jangka waktu pembiayaaan. 3) Faktor yang mendukung dalam mencegah terjadinya risiko. Pihak BMT NU menerapkan 5C, dan disisi lain BMT juga menekankan kualitas jaminan, menganjurkan menabung, dan mewajibkan membayar jasa setiap bulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0302 Inorganic Chemistry > 030202 f-Block Chemistry
03 CHEMICAL SCIENCES > 0306 Physical Chemistry (incl. Structural) > 030601 Catalysis and Mechanisms of Reactions
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing > 080102 Artificial Life
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Dhila Imroatul Fadilah
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:10
Last Modified: 03 Jul 2024 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35377

Actions (login required)

View Item View Item