Ferli, Muhammad (2024) Integrasi Nilai-Nilai Demokrasi pancasila Dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial(ips) Siswa kelas VII Di madrasah Tsanawiyah Lombok kulon Wonosari Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas islam negeri kiai haji Achmad siddiq jember.
Text (SK-051-TADRIS-IPS-2024)
Ferli watermark.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Muhammad Ferli. (T20189041). “Integrasi Nilai-Nilai Demokrasi Pancasila
dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa Kelas VII di MTs
Lombok Kulon Wonosari Bondowoso”.
MTs Lombok Kulon Wonosari Bondowoso memiliki visi yaitu
Berprestasi, Berbudi, Berbudaya, berwawasan lingkungan, berlandaskan iman
dan takwa. Tentunya nilai-nilai yang terdapat pada budaya demokrasi sangat
penting bagi pihak pendidik di MTs Lombok Kulon Wonosari Bondowoso dalam
membentuk karakter siswa yang sesuai dengan visi misi sekolah.
Fokus dari penelitian ini yakni 1) Bagaimana cara mengintegrasikan nilainilai demokrasi pancasila melalui pembelajaran IPS pada kelas VII di MTs
Lombok Kulon Wonosari Bondowoso? 2) Bagaimana implikasi dari integrasi
nilai-nilai demokrasi pancasila melalui pembelajaran IPS pada kelas VII di MTs
Lombok Kulon Wonosari Bondowoso?
Tujuan dari penelitian ini yakni 1) Untuk mendeskripsikan cara
mengintegrasikan nilai-nilai demokrasi pancasila melalui pembelajaran IPS pada
kelas VII di MTs Lombok Kulon Wonosari Bondowoso 2) Untuk
mendeskripsikan implikasi dari integrasi nilai-nilai demokrasi pancasila melalui
pembelajaran IPS pada kelas VII di MTs Lombok Kulon Wonosari Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Yangmana dalam mengumpulkan data dari teknik
trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yakni 1) Cara mengintegrasikan nilai-nilai
demokrasi pancasila melalui pembelajaran IPS pada kelas VII di MTs Lombok
Kulon Wonosari Bondowoso yakni sila pertama guru mengajarkan kepada siswa
pada pembelajaran IPS, yaitu mengetahui sejarah UUD 1945, sila kedua yaitu
adil dan beradab mengajarkan mengenai pembangunan Sekolah Rakyat (SR), sila
ketiga mengajarkan tentang sumpah pemuda, sila keempat mengajarkan
mengenai sejarah pemilu 1966, paradigma dasar bagi pembangunan politik dan
pemerintahan nasional, prinsip musyawarah mufakat, perwakilan, gotong royong,
serta daulat rakyat (kerakyatan), yang selaras dengan prinsip-prinsip demokrasi
secara global, sila Kelima mengajarkan tentang resolusi PBB terhadap rakyat
Palestina dan peluncuran BLT. 2) implikasi dari integrasi nilai-nilai demokrasi
pancasila melalui pembelajaran IPS pada kelas VII di MTs Lombok Kulon
Wonosari Bondowoso yakni setelah mempelajari IPS lebih memahami mengenai
sejarah yang berkaitan dengan bangsa Indonesia yang menjadikan dan
mengantarkan siswa menjadi warga negara yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Ferli Muhammad Ferli |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 03:49 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 03:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35382 |
Actions (login required)
View Item |