Penerapan metode belajar beregu (Team Learning Method) pada Mata Pelajaran SKI Kelas VIII Di MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Oktafia, Nur (2024) Penerapan metode belajar beregu (Team Learning Method) pada Mata Pelajaran SKI Kelas VIII Di MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-114-PAI-2024)
NUR OKTAFIA 201101010056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Penerapan Metode Belajar Beregu, Mata Pelajaran SKI.

Metode Belajar Beregu (team learning method) adalah metode belajar mengajar yang menerapkan belajar kelompok atau belajar tim pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penerapan Metode Belajar Beregu (team learning method) ini tidaklah dapat berhasil secara maksimal jika belum ada kerja sama yang baik antar anggota tim. Adapun fungsi kerjasama dalam pembelajaran SKI adalah untuk menghilangkan hambatan mental akibat terbatasnya pengalaman dan cara pandang yang sempit, jadi akan lebih mungkin untuk menemukan kekuatan kelemahan diri, belajar untuk menghargai orang lain, mendengarkan dengan pikiran terbuka, dan membangun persetujuan bersama.
Fokus dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode belajar beregu (team learning method) Pada Mata Pelajaran SKI Kelas VIII Di MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana hasil belajar peserta didik setelah penerapan metode belajar beregu (team learning method) Pada Mata Pelajar SKI Di MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024?
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode belajar beregu (team learning method) Pada Mata Pelajaran SKI Di MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik setelah penerapan metode belajar beregu (team learning method) Pada Mata Pelajaran SKI Di MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember.
Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di kelas VIII-E MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yakni analisis kualitatif dengan menggunakan model Miles dan Huberman, Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah : 1) Dalam proses penerapan metode belajar beregu yang didapat ketika menjalani proses pembelajaran SKI di dalam kelas VIII antara lain : Peserta didik menjadi lebih aktif, suasana kelas menjadi lebih kondusif, peserta didik menjadi semangat belajar karena mereka merasa senang dan tidak monoton atau membosankan. 2) Hasil belajar peserta didik setelah menerapkan metode belajar beregu ini menjadi lebih meningkat dari pada sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Oktafia
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:13
Last Modified: 09 Jul 2024 05:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35402

Actions (login required)

View Item View Item