Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Comment Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 5 Karanggeneng Lamongan Tahun Pelajaran 2023/2024

Niswah Aula, Rosyidah (2024) Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Comment Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 5 Karanggeneng Lamongan Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text (SK-091-PAI-2024)
Niswah Aula Rosyidah_T20171149.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

SMP Muhammadiyah 5 Karanggeneng merupakan salah satu sekolah yang menggunakan Poster Comment pada pembelajaran PAI. Metode Poster Comment adalah metode yang dimana peserta didik didorong untuk mengungkapkan pendapatnya secara lisan tentang gambar atau poster. Dengan adanya penggunaan metode tersebut dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, efektif dan menyenangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan perencanaan Strategi pembelajaran Poster Comment pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Muhammadiyah 5 Karanggeneng Lamongan tahun pelajaran 2023/2024? 2) Mendeskripsikan pelaksanaan Strategi pembelajaran Poster Comment pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Muhammadiyah 5 Karanggeneng Lamongan tahun pelajaran 2023/2024? 3) Mendeskripsikan evaluasi Strategi pembelajaran Poster Comment pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Muhammadiyah 5 Karanggeneng Lamongan tahun pelajaran 2023/2024?
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles Huberman dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan strategi pembelajaran poster comment pada mata pelajaran PAI diawali dengan menyusun RPP, menyiapkan gambar/poster comment kemudian ditempel di papan tulis dan siswa ditunjuk untuk mengomentari gambar dan guru melakukan evaluasi. 2) Pelaksanaan strategi pembelajaran yang dilakukan dengan guru menempel poster comment di papan tulis, guru meminta siswa untuk mengamati gambar poster, siswa diminta untuk memberikan komentar tentang gambar poster, guru meminta siswa maju dan mempresentasikan pendapatnya tentang gambar poster tersebut, dan siswa diminta untuk berdiskusi untuk memberikan solusi terkait gambar atau poster tersebut. Dalam pelaksanaan siswa lebih antusias dan mampu memahami materi dengan mudah. 3) Evaluasi strategi pembelajaran poster comment dalam pembelajaran PAI menunjukkan bahwa respon siswa ada yang aktif dan ada yang tidak. Dimana terdapat 10 siswa yang menjawab dengan sungguh-sungguh dan sesuai gambar sedangkan 2 siswa menjawab belum sesuai gambar dan bercanda.

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Poster Comment, PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Niswah Aula Rosyidah
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:16
Last Modified: 03 Jul 2024 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35403

Actions (login required)

View Item View Item