Pemanfaatan Laboratorium Pendidikan Agama Islam Sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Cluring

Nadila, Risa Nur (2024) Pemanfaatan Laboratorium Pendidikan Agama Islam Sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Cluring. Undergraduate thesis, UIN KH. Achnad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-109-PAI-2024)
RISA NUR NADILA_201101010014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Risa Nur Nadila, 2024: “Pemanfaatan Laboratorium Pendidikan Agama Islam Sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Cluring”
Kata Kunci: Pemanfaatan, Laboratorium Pendidikan Agama Islam, Sumber Belajar.

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya pengetahuan yang diperoleh siswa di ruang kelas melalui pesan lisan yang disampaikan oleh guru kebanyakan masih bersifat abstrak berupa teori-teori. Berbagai teori akan mudah dipahami dan diterima oleh siswa apabila mereka terlibat langsung melalui pengamatan dan praktek pembelajaran secara langsung. Sehingga yang dibutuhkan pada pembelajaran PAI seharusnya mampu menyeimbangkan antara teori dan praktek.. Salah satu berhasilnya pembelajaran PAI yaitu memanfaatkan sumber belajar. Tidak terbatas pada guru dan buku cetak saja, namun tempat atau lingkungan yang mengandung informasi pun juga bisa dijadikan sebagai sumber belajar.
Fokus penelitian ini adalah: 1)Bagaimana Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pemanfaatan Laboratorium PAI Di SMPN 1 Cluring? 2) Bagaimana Pemanfaatan Laboratorium PAI Sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Cluring? 3) Bagaimana Hasil Pemanfaatan Laboratorium PAI Sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Cluring?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pemanfaatan Laboratorium PAI Di SMPN 1 Cluring. 2) Untuk mendeskripsikan Pemanfaatan Laboratorium PAI Sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Cluring. 3) Untuk mendeskripsikan Hasil Pemanfaatan Laboratorium PAI Sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Cluring
Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Case Study (Studi Kasus). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis model Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulai sumber dan triangulai teknik.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Proses Pembelajaran PAI dengan Pemanfaatan Laboratorium PAI dilalui melalui tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan pembelajaran, dan memberi tugas sebagai evaluasi. 2) Pemanfaatan laboratorium PAI sebagai sumber belajar siswa pada pembelajaran pendidikan Agama Islam dimaksimalkan fungsinya dengan menjadikan laboratorium PAI yaitu sebagai tempat belajar bagi siswa, sebagai tempat pengembangan sikap sosial siswa, sebagai tempat pengembangan afektif siswa, sebagai tempat pemantapan pembelajaran dan sebagai sarana untuk menambah literatur pengetahuan siswa. 3) Hasil pemanfaatan laboratorium agama sebagai sumber belajar yaitu laboratorium PAI mendukung praktik dalam proses pembelajaran PAI dan membuat suasana belajar menjadi tidak menjenuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Risa Nur Nadila
Date Deposited: 03 Jul 2024 04:15
Last Modified: 08 Jul 2024 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35404

Actions (login required)

View Item View Item