Penerapan Metode Active Learning Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman Sukorambi

Moh. Rifqi Dziyaul, Haq (2024) Penerapan Metode Active Learning Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman Sukorambi. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text (SK-083-PAI-2024)
Moh. Rifqi Dziyaul Haq_T20171148.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penerapan metode active learning dalam pembelajaran akidah akhlak merupakan pendekatan inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran agama. Metode ini memungkinkan siswa untuk aktif terlibat dalam pembelajaran melalui berbagai kegiatan praktis, diskusi, dan refleksi yang memungkinkan mereka untuk memahami konsep akidah dan akhlak secara lebih mendalam.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan metode active learning dalam pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VII di MTs Fathur Rahman Sukorambi? 2) Bagaimana pelaksanaan metode active learning dalam pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VII di MTs Fathur Rahman Sukorambi? 3) Bagaimana evaluasi metode active learning dalam pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VII di MTs Fathur Rahman Sukorambi?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode Active learning dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas VII MTs Fathur Rahman Curahdami Sukorambi Jember 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Active learning dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas VII MTs Fathur Rahman Sukorambi 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode Active learning dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas VII MTs Fathur Rahman Sukorambi
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik
Hasil penelitian ini 1) Perencanaan metode active learning dalam pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VII di MTs Fathur Rahman Sukorambi terlaksana hal ini dapat dilihat di RPP semuaanya terlaksana dalam penelitian ini. 2) Pelaksanaan metode active learning dalam pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VII di MTs Fathur Rahman Sukorambi, yang difokuskan pada materi asmaul husna sub tema asmaul husna al-‘Aziz, al-’adl, al-Qayyum.3) Evaluasi metode active learning dalam pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VII di MTs Fathur Rahman Curahdami sukorambi Jember, terlaksana yakni formatif dan sumatif dengan pemaparan evaluasi keberhasilan implementasi, evaluasi respon, evaluasi hasil belajar.

Kata Kunci : Active Learning, Akidah Akhlak, MTs Fathur Rahman Sukorambi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss rifqi dziya
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:23
Last Modified: 03 Jul 2024 07:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35405

Actions (login required)

View Item View Item