Implementasi Program Kegiatan Jumat Sejati (KJS) Dalam Menanamkan Nilai-nilai Agama Islam Di MAN 2 Kota Probolinggo

Ulfiah, Siti (2024) Implementasi Program Kegiatan Jumat Sejati (KJS) Dalam Menanamkan Nilai-nilai Agama Islam Di MAN 2 Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-081-PAI-2024)
Siti Vivi Ulfiah 201101010003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Nilai-nilai Agama Islam, Kegiatan Jumat Sejati (KJS)
Pendidikan Islam adalah pendidikan yang berusaha untuk menanamkan nilai-nilai Islam. Seperti membimbing jasmani dan juga rohani siswa yang berdasarkan hukum-hukum Islam, hingga pada akhirnya terbentuklah kepribadian seorang muslim yang berdasarkan nilai-nilai agama Islam, dapat memilih, memutuskan juga berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Islam. Berdasarkan tujuan pendidikan Islam dapat diharapkan membentuk kepribadian siswa dalam beriman, bertakwa, juga berakhlak mulia.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana implementasi program kjs dalam menanamkan nilai-nilai akidah di man 2 kota probolinggo? 2) bagaimana implementasi program kjs dalam menanamkan nilai-nilai ibadah di man 2 kota probolinggo? 3) bagaimana implementasi program kjs dalam menanamkan nilai-nilai akhlak di man 2 kota probolinggo?
tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan implementasi program kjs dalam menanamkan nilai akidah di man 2 kota probolinggo 2) untuk mendeskripsikan implementasi program kjs dalam menanamkan nilai ibadah di man 2 kota probolinggo 3) untuk mendeskripsikan implementasi program kjs dalam menanamkan nilai akhlak di man 2 kota probolinggo
Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan subjek penelitian perwakilan dari kelas XI. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dari Miles, Huberman. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diperiksa keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Implementasi program KJS dalam menanamkan nilai akidah dapat meyakinkan hati dan memperdalam pemahaman tentang ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari dan menjalankan perintah yang diridhoi Allah Swt. 2) Implementasi program KJS dalam menanamkan nilai ibadah dapat membiasakan siswa untuk lebih taat dan beristiqomah sehingga terbiasa dalam melaksanakan ibadah dengan baik. 3) Implementasi program KJS dalam menanamkan nilai akhlak yaitu dapat membentuk perilaku siswa dengan akhlak baik terutama kepada orang tua, guru, dan teman dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Vivi Ulfiah
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:15
Last Modified: 03 Jul 2024 06:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35408

Actions (login required)

View Item View Item