Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Kualiatas Pembelajaran Di Madrasah Diniyah Al Majidi Tanggul Jember

Apriah, Mahsunatul (2024) Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Kualiatas Pembelajaran Di Madrasah Diniyah Al Majidi Tanggul Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq.

[img] Text (SK-059-MPI-2024)
Skripsi Mahsunatul Apriah T20173099 Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Mahsunatul Apriah, 2024 Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Madrasah Diniyah Al Majidi Tanggul
Kata Kunci: perencanaa, pelaksanaan evaluasi, manajemen dan kualitas pembelajaran

Proses kegiatan belajar mengajar mengutamakan partisipasi aktif antara pengajar (ustad/ustadzah) dan peserta didik (santri). Suatu kegiatan pembelajan dianggap berhasil apabila telah mencapai tujuan yang ada pada perencanaan yang sebelumnya dibuat oleh para pengajar, yang selanjutnya dari perencanaan tersebut akan diimplementasikan dalam proses KBM, kemudian terakhrir dilakukan evaluasi terhadap guru maupunn siswa. Hal ini merupukan proses dalam manajemen kelas yang perannya didominasi oleh seorang pengajar sebagai manajer dari kelas tersebut.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan manajemen kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah diniyah al-majidi.? 2). Bagaimana pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah diniyah al-majidi.? 3) Bagaimana evaluasi manajemen kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah diniyah al-majidi? Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah: Mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah diniyah al-majidi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang berlokasi di pondok pesantren Al-Majidi yang beralamat di Jl. Karya No. 64 Dusun Krajan, Desa Seledokan Kecamatan Tanggul, Kabupten Jember. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : 1) Kondensasi data 2) Penyajian data 3) Penarikan Kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangukasi teknik.
Hasil kesimpulan peneliti ini adalah 1) perencanaan manajemen kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran kepala diniyah memberikan ruang kepada wali kelas atau ustd dan ustdzah untuk menciptakan pembelajaran yang efektif yang nantinya akan dikoreksi atau menjaadi pertimbangan kepala sekolah guna untuk mencapai keberhasilan santri. 2) pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di bimbing langsung oleh ustad dan ustdzah masing-masing yang mana pembelajarannya 6 hari dengan target harus hafal mufrodat bahasa arab yang sudah disediakan oleh ustad/ustadzah yang mengajar. 3) evaluasi manajemen kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran ada 2 bahan evaluasi yakni evaluasi proses terkait dengan kinerja ustad atau ustdzah dan evaluasi terkait dengan hasil target pencapain para santri berupa hafalan bahasa arab kepada ustad atau ustdzah .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mahsun Mahsunatul Apriah Sumar
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:39
Last Modified: 03 Jul 2024 08:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35418

Actions (login required)

View Item View Item