Pengaruh pembelajaran berbantuan media Prezi terhadap hasil belajar siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas XI SMA Negeri Kalisat Jember

Ayu, Ricca Shinta (2024) Pengaruh pembelajaran berbantuan media Prezi terhadap hasil belajar siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas XI SMA Negeri Kalisat Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-100-PAI-2024)
Skripsi Ricca Shinta Ayu T20181368. Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Ricca Shinta Ayu, 2024. Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Media Prezi terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI SMA Negeri Kalisat Jember.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Prezi, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, SMA Negeri Kalisat Jember

Pemahaman konsep merupakan penguasaan sejumlah materi pembelajaran dimana siswa tidak sekedar mengenal, menghafal dan mengetahui saja, akan tetapi mampu mengungkapkan kembali konsep dalam bentuk yang lebih mudah dimengerti dan dipahami. Saat ini rendahnya pemahaman konsep siswa menjadi salah satu problematika yang harus ditemukan solusinya. Selain pemahaman konsep siswa, hasil belajar sangat penting untuk menandai keberhasilan dari proses pembelajaran. Peningkatan kualitas pembelajaran yang sesuai dirasa perlu untuk mengatasi hal tersebut. Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Media Prezi diajukan sebagai solusi. Media Prezi menawarkan cara penyajian materi yang lebih menarik dan interaktif dibandingkan dengan metode tradisional. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Media Prezi terhadap hasil belajar siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI SMA Negeri Kalisat Jember. 2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan Media Pembelajaran Berbantuan media prezi dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent kontrol group pretest posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri Kalisat Jember yang terbagi menjadi dua kelas dengan Teknik Random Sampling, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan Media Pembelajaran Berbantuan media prezi yaitu kelas XI IPS 1 dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu kelas XI IPS 2 sejumlah 70 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji t-test menggunakan SPSS Versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Berdasarkan data pemahaman konsep, kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata 84,71 dan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata 78,14. Dalam hal ini rata-rata data hasil pemahaman konsep kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan Media Pembelajaran Berbantuan media prezi terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,000. 3) Hasil nilai t-hitung untuk kelas eksperimen adalah 4,363 dengan probabilitas (Sig.) 0,000, dengan kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari Media Pembelajaran Berbantuan media prezi terhadap hasil belajar siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI SMA Negeri Kalisat Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ricca Shinta Ayu
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:09
Last Modified: 08 Jul 2024 08:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35427

Actions (login required)

View Item View Item