Pengintegrasin nilai-nilai peduli lingkungan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Nuril Asror Trigonco Asembagus Tahun Pelajaran 2020 - 2021

Zuhria, Tashrihatuz (2024) Pengintegrasin nilai-nilai peduli lingkungan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Nuril Asror Trigonco Asembagus Tahun Pelajaran 2020 - 2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-113-PAI-2024)
TASHRIHATUZ ZUHRIA NIM T20171146.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengintegrasin, Nilai, Peduli Lingkungan
Salah satu untuk mewujudkan keharmonisan kembali, antara manusia dan
lingkungan yaitu dengan menanamkan sikap peduli lingkungan kepada anak sejak
dini. Untuk menumbuhkan kesadaran dan sikap peduli lingkungan sejak dini,
dapat dilakukan melalui proses pembelajaran yanag efektif baik formal maupun
informal.
Fokus dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana pengintegrasian nilai-nilai
peduli lingkungan pada Pembelajaran PAI di SMK Nuril AsrorTrigonco
Asembagus, 2) Apa saja hasil dari pengintegrasian nilai-nilai peduli lingkungan
pada Pembelajaran PAI di SMK Nuril AsrorTrigonco Asembagus. Penelitian ini
bertujuan 1) Untuk mendeskripsikan integrasi nilai-nilai peduli lingkungan pada
Pembelajaran PAI di SMK Nuril AsrorTrigonco Asembagus, 2) Untuk
mendeskripsikan hasil pengintegrasian nilai-nilai peduli lingkungan pada
pembelajaran PAI di SMK Nuril Asror Trigonco Asembagus
Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. dengan teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisisi data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion
drawing/verification.
Penelitian ini memperoleh bahwa 1) Pengintegrasian nilai-nilai peduli
lingkungan pada pemblajaran PAI di SMK Nuril Asror Trigonco Asembagus
dilaksanakan melalui program piket kelas, piket mingguan pada hari Sabtu
bersih, piket khusus bagi para siswa yang melanggar dan piket OSIS. Selain para
guru juga menghimbau siswa untu menjaga kebersihan lingkungan, menjaga
tanaman dan membuang sampah pada tempatnya. 2) Hasil dari pengintegrasian
nilai-nilai peduli lingkungan pada pemblajaran PAI di SMK Nuril Asror Trigonco
Asembagus yaitu keadaan lingkungan di SMK Nuril Asror sangat bersih, indah
dan rapi, siswa menjadi sadar akan kewajibannya untuk menjaga kelestarian
lingkungan dan siswa juga menjadi mengerti bahwa sampah plastik yang semula
tidak ada harganya jika diolah dan di kereasikan maka akan menjadi sesuatu
yang bernilai dan dapat dimanfaatkan untuuk memperindah lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130301 Aboriginal and Torres Strait Islander Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Tashrihatuz Zuhria
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:27
Last Modified: 09 Jul 2024 05:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35431

Actions (login required)

View Item View Item