Implementasi Metode Wahdah Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal AL-Qur'an Siswa Pada Muatan Lokal Tahfidz Qur'an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Arifiana, Atia (2024) Implementasi Metode Wahdah Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal AL-Qur'an Siswa Pada Muatan Lokal Tahfidz Qur'an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH. Achnad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-105-PAI-2024)
Skripsi Atia Arifiana. watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK.Atia Arifiana, 2024: Implementasi Metode Wahdah Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an siswa Pada Muatan Lokal Tahfidz Qur’an Di Madarasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Metode wahdah, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an, Muatan Lokal Tahfidz Qur’an

Penelitian ini berawal dari hasil observasi peneliti di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Biasanya disetiap sekolah Tahfidz Qur’an merupakan suatu kegiatan yang menggunakan metode sima’i dan menjadi kegiatan ekstrakurikuler saja. Namun, pada Mdrasah Aliyah Negeri 1 Jember sudah menggunakan metode wahdah dan Tahfidz Qur’an sudah termasuk ke Muatan Lokal yang didalamnya terdapat perangkat pembelajaran. Hal ini menjadi perhatian dan manarik untuk diteliti
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana implementasi metode wahdah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an siswa pada muatan lokal tahfidz qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana implementasi metode wahdah dalam meningkatkan kemempuan melafalkan al-qur’an siswa pada muatan lokal tahfidz qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2023/2024? 3) Bagaimana implementasi metode wahdah dalam meningkatkan kemampuan mengingat hafalan al-qur’an siswa pada muatan lokal tahfidz qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2023/2024? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan tentang metode wahdah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an siswa pada muatan lokal tahfidz qur’an Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2023/2024, 2) untuk mendeskripsikan tentang metode wahdah dalam meningkatkan kemampuan melafalkan al-qur’an siswa pada muatan lokal tahfidz qur’an Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2023/2024, 3) untuk mendeskripsikan tentang metode wahdah dalam meningkatkan kemampuan mengingat hafalan al-qur’an siswa pada muatan lokal tahfidz qur’an Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2023/2024.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di kelas XI IPS 4 Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian adalah 1) Siswa membaca bersama dengan guru ayat al-qur’an yang akan dihafalkan agar sesuai dengan kaidah makhorijul huruf dan shiffatul huruf, metode wahdah menjadi metode utama karena proses menghafalnya dengan dibaca berulang-ulang, dan dalam setiap semesternya siswa mengalami peningkatan dalam kemampuan membacanya 2) Guru memberikan arahan mengenai pelafalan waqof ibtida’, harokat, dan kata disetiap ayat, mayoritas siswa telah mengalami peningkatan dalam melafalkan al-qur’an. Siswa yang masih belum meningkat dalam melafalkan ayat al-qur’an dikarenakan masih belum sempurna. Sehingga guru memfasilitasi pembelajaran khusus bagi anak yang kurang dalam dan melafalkan ayat al-qur’an, membawa buku materi hafalan 3) Kelancaran dalam menghafal al-qur’an, terdapat target yang harus dicapai, tahfidz qur’an termasuk muatan lokal, dan peningkatan kemampuan mengingat hafalan siswa yang memuat kelancaran siswa dalam menghafal yang tercatat dalam buku setoran yang terus bertambah hafalannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Atia Arifiana
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:23
Last Modified: 03 Jul 2024 06:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35432

Actions (login required)

View Item View Item