Ayuniyah, Quraratul (2024) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Undergraduate thesis, TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN.
Text (SK-037-TADRIS-IPA-2024)
skripsi qurratul ayuniyah fikssss ok.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Qurratul Ayuniyah, 2024: Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pernapasan Manusia
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan Manusia
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan dalam era revolusi 4.0 membawa harapan bagi kemajuan pendidikan. Kurikulum 2013 yang telah direvisi mengikuti tren tersebut dengan tujuan meningkatkan kualitas siswa. Definisi pendidikan telah berevolusi seiring perubahan pemikiran manusia, dari Perundang-undangan No.20 tahun 2003 hingga Kamus Bahasa Indonesia. Fokus pada Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) didukung oleh pendekatan inkuiri terbimbing, di mana siswa aktif menyelidiki masalah dengan bimbingan guru. Penerapan model ini, terutama dalam pembelajaran sistem pernapasan manusia, diharapkan meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif.
Tujuan Peneilian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa kelas VIII materi sistem pernapasan manusia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilakukan secara sistematis reflektif oleh guru sebagai peneliti untuk memperbaiki kondisi pembelajaran. Dilakukan di MTs Unggulan Nuris Jember pada kelas VIII dengan 30 siswa. Melalui dua siklus, tujuannya adalah meningkatkan hasil belajar dan literasi sains siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Prosedur PTK terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan, dengan menggunakan model inkuiri terbimbing. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes, dengan instrumen seperti lembar tes yang meliputi pretest dan posttest. Validitas instrumen diuji melalui validitas isi dan konstruk, serta reliabilitas menggunakan uji Cronbach’s Alpha. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, termasuk perhitungan rata-rata skor siswa dan ketuntasan klasikal. Keberhasilan penelitian dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa, dengan aspek penilaian kesiapan, keaktifan, dan ketekunan siswa. Kolaborator dalam penelitian ini adalah guru materi IPA kelas VIII, Ibu Safrida Yuli Amalia S. Pd. Jadwal penelitian meliputi persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan dalam waktu empat minggu.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa kelas VIII materi sistem pernapasan manusia. Hal ini ditunjukkan dengan nilai posttest pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 33,3% dan mengalami kenaikan pada posttes siklus II dengan ketuntasan klasikal 86,7% dari ketentuan ketuntasan klasikal 75%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Qurratul Ayuniyah |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 02:03 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 07:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35456 |
Actions (login required)
View Item |