Aktualisasi program Boarding School dalam mengembangkan kemandirian Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Darus Shibyan Karang Duren Jember

Hanum, Suci Amalia (2024) Aktualisasi program Boarding School dalam mengembangkan kemandirian Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Darus Shibyan Karang Duren Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-035-MPI-2024)
SUCI AMALIA HANUM_ 202101030064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Suci Amalia Hanum, 2024 : “Aktualisasi Program Boarding School dalam
Mengembangkan Kemandirian Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darus Shibyan Karang
Duren Jember”
Kata Kunci : Program Boarding School, Kemandirian Siswa
Pengertian Program Sekolah Berasrama (Boarding School) Program sekolah
berasrama adalah salah satu program yang saat ini sedang diperhatikan oleh sekolah-
sekolah di Indonesia khususnya sekolah yang berbasis islami, program tersebut
dilaksanakan berdasarkan kurikulum dari Departemen Pendidikan Nasional beserta
kesepakatan dengan yayasan dirancang dan dikembangkan dengan menyediakan asrama
untuk menginap para siswanya, sehingga dikenal dengan program sekolah berasrama.
Program (boarding school) yang ada di Madrasah Tsanawiyah Darus Shibyan merupakan
salah satu sekolah yang menerapkan program (boarding school) di Desa Karang duren
kecamatan Balung. Madrasah Tsanawiyah Darus Shibyan merupakan sekolah yang baru
berdiri sejak tahun 2021. Meskipun sekolah ini masih dibilang baru dan kecil program
boarding school di Madrasah Tsanawiyah Darus Shibyan dapat berjalan dengan baik
dengan faktor pendukung yang diperoleh dari tekad besar dari ketua Yayasan yang siap
mendukung sepenuhnya segala kegiatan yang dilaksanakan. (Boarding school) di
Madrasah Tsanawiyah Darus Shibyan ini kegiatan pembelajaran di asrama dapat
melatih kemampuan mandiri siswa dalam sehari-hari.. Mulai dari bangun tidur hingga
istirahat malam, kegiatan kesiswaan akan diatur oleh pengelola asrama.
Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mendeskripsikan program boarding
school di Madrasah Tsanawiyah Darus Shibyan Karang Duren Jember.(2)Untuk
mengetahui Persepsi Kemandirian siswa di Madrasah Tsanawiyah Darus Shibyan Karang
Duren Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif.Teknik pengumpulam data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Dalam penelitian ini analisis data dilakukan secara bertahap yakni kualitatif
dan menggunakan angket sebagai data pendukung. .
Hasil dari penelitian ini Program Boarding School Dalam Mengembangkan
Kemandirian Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darus Shibyan Karang Duren Jember
melalui sikap-sikap yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti : Keteladan
yang mempuyai pengaruh besar dalam kehidupan seseorang. Pembiasaan adalah hal yang
sangat penting bagi kehidupan sehari-hari karena dapat memepengaruhi kebiasaan siswa.
Kedisiplinan juga merupakan perubahan tingkah laku yang teratur dalam menjalankan
tugas-tugasnya atau pekerjaannya yang tidak melanggar sebuah aturan yang telah
disepakati bersama oleh siswa dan guru. Persaudaraan Kedudukan persaudaraan dalam
islam menjadi penting karena akan menjadi penyangga bagi tatanan yang kuat dalam
suatu masyarakat terutama di sekolah.
Presepsi siswa di Madrasah Tsanawiyah Darus Shibyan Karang Duren Jember
Tentang Program Boarding School. 67,82% setuju karena dengan adanya kemandirian
siswa dalam program boarding school dapat melatih kemandirian siswa, sehingga
Madrasah Tsanawiyah Darus Shibyan Karang Duren Jember ini berhasil melatih
kemandirian siswa dengan adanya program boarding school.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Suci Amalia Hanum
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:32
Last Modified: 09 Jul 2024 02:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35460

Actions (login required)

View Item View Item