Penerapan Metode Pembelajaran Sosiodrama Dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024

Qayyimah, Annisa Dinil (2024) Penerapan Metode Pembelajaran Sosiodrama Dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-056-PAI-2024)
Skripsi Annisa Dinil Q watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (20MB)

Abstract

Keaktifan siswa merupakan suatu keadaan dimana siswa berpasrtisipasi secara aktif dalam pembelajaran, yang terlihat dari mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru, merespon pertanyaan dan perintah dari guru dalam pembelajaran berlangsung. Dengan itu dibutuhkan Metode Pembelajaran yang menarik dan jelas yang membuat siswa memahami materi fiqih dan membuat siswa menjadi responsif didalam kelas saat proses pembelajaran berlangsung, salah satu metode yang tepat untuk diterapkan adalah metode sosiodrama.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah 1) Bagaimana Langkah-langkah Penerapan Metode Pembelajaran Sosiodrama dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat Penerapan Metode Pembelajaran Sosiodrama dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024? Adapun tujuan penelitian yaitu 1) Mendeskripsikan Langkah-langkah Penerapan Metode Pembelajaran Sosiodrama Dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Probolinggo. 2) Mendeskripsikan Faktor Pendukung Dan Penghambat Penerapan Metode Pembelajaran Sosiodrama Dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa langkah-langkah penerapan metode pembelajaran sosiodrama dalam menumbuhkan keaktifaan siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Probolinggo yaitu: Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran, menyajikan materi pembelajaran, membentuk kelompok, siswa memilih peran, menampilkan video sosiodrama setiap kelompok, merumuskan kesimpulan. Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran sosiodrama dalam menumbuhkan keaktifaan siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Probolinggo adalah: 1. Faktor pendukung: Siswa mengembangkan peran yang dimainkan dengan berimajinasi dan berfantasi dengan kreatif, dan mudah memahami materi pelajaran. 2. Faktor penghambat: Terdapat siswa yang kurang serius dalam memerankan peran, dan Terdapat siswa yang kurang percaya diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Annisa Annisa Dinil Qayyimah
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:46
Last Modified: 03 Jul 2024 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35462

Actions (login required)

View Item View Item