Penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPS Di SMPN 1 Tlogosari Tahun 2022/2023

Zamroni, Ahmad (2024) Penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPS Di SMPN 1 Tlogosari Tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-032-TADRIS-IPS-2024)
ZAMRONI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Zamroni, 2024: Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Tlogosari Tahun 2022/2023.

Kata kunci: Penerapan strategi pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), mata pelajaran IPS

Penerapan Strategi pembelajaran berbasis masalah (PBL) merupakan suatu bentuk pembelajaran yang menekankan pada pengalaman belajar sehingga siswa dapat merekonstruks pengetahuannya dengan menyajikan permasalahan nyata. jadi bisa belajar mandiri. Manfaat penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (PBL) antara lain melatih keterampilan berpikir, keterampilan memecahkan masalah dan belajar mandiri.
Fokus penelitian penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan dari pembelajaran IPS mengunakan strategi PBL di SMPN 1 Tlogosari. 2)bagaimana pelaksanaan Pembelajaran IPS mengunakan Strategi PBL di SMPN 1 Tlogosari. 3) bagiman evaluasinya pelaksanaan pembelajaran IPS mengunakan Strategi PBL di SMPN 1 Tlogosari.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yaitu sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan. Dimana tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, serta menghasilkan gambaran akurat serta pengetahuan yang dapat digunakan dalam mendeskripsikan tentang suatu gejala atau fenomena yang terjadi di lapangan. Pendekatan kualitatif ini dipilih oleh penulis karena dapat Menerapkan Strategi Pembelajaran PBL Pada Mata pelajaran IPS di SMPN 1 Tlogosari adapun teknik pengumpulana data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Dalam Hasil penelitian dengan menerapkan strategi pembelajaran (PBL) ini di SMPN 1 Tlogosari yakni menggunakan media belajar berupa video tentang mata pembelian IPS yang mana strategi ini akan membantu siswa akan siswi aktif dalam menumbuhkan pemikiran kritis yang akan . Hal ini juga sebagai jalan bagi siswa untuk memahami hal-hal yang berkaitan dengan materi IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Zamroni Ahmad Roni
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:18
Last Modified: 09 Jul 2024 01:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35468

Actions (login required)

View Item View Item