Penerapan Teknik Ecoprint dalam mengasah kemampuan motorik halus pada kelompok B di TK Al Hidayah III Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember

Putri, Lita Ayu Cahyaning (2024) Penerapan Teknik Ecoprint dalam mengasah kemampuan motorik halus pada kelompok B di TK Al Hidayah III Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN K.H. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-014-PIAUD-2024)
SKRIPSI Lengkap siap cetak.WATERMARK (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penerapan Teknik Ecoprint Dalam Mengasah
Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B Di Tk Al Hidayah III
Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember
Kata Kunci: Teknik Ecoprin, Motorik Halus
Teknik ecoprint merupakan teknik yang unik yang memiliki berbagai
macam manfaat yang dapat diterapkan di pembelajaran taman kanak-kanak.
Dengan adanya teknik ecoprint peserta didik dapat mengasah perkembangan
motorik halus, namun penelitian ecoprint itu sendiri masih relevan atau masih
penting dilakukan, sehingga peneliti ingin mengetahui dan mendeskripsikan
penerapan teknik ecoprint di salah satu TK yang ada di Kecamatan Patrang yaitu
TK Al Hidayah III.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana perencanaan
penerapan teknik ecoprint dalam mengasah kemampuan motorik halus pada
kelompok B di TK Al Hidayah III Kelurahan gebang Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember? 2) bagaimana penerapan teknik ecoprint dalam mengasah
kemampuan motorik halus pada kelompok B di TK al Hidayah III Kelurahan
Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember? 3) bagaimana evaluasi penerapan
teknik ecoprint dalam mengasah kemampuan motorik halus pada kelompok B di
TK Al Hidayah III kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1.) untuk mengetahui dan mendeskripsikan
perencanaan teknik ecoprint dalam kemampuan motorik halus pada kelompok B
Di TK Al hidayah III kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember,
2.) untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan teknik ecoprint dalam
kemampuan motorik halus pada anak kelompok B Di TK Al Hidayah III
Kelurahan gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. 3.)untuk mengetahui
dan mendeskripsikan evaluasi teknik ecoprint dalam kemampuan motorik halus
pada anak kelompok B Di TK Al Hidayah III Kelurahan gebang Kecamatan
Patrang Kabuapten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
pendekatan empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis
deskriptif. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti menggunakan tiga jenis
triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) penerapan teknik ecoprint
mengacu pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian meliputi tujuan
pembelajaran, alat dan bahan, kegiatan pembelajaran. 2) Penerapan teknik
ecoprint dalam mengasah kemampuan motorik halus pada anak kelompok B di
TK Al Hidayah III dilakukan dengan menerapkan Teknik pounding, yaitu dengan
cara menumbuk daun yang diletakkan di atas kain hingga warna alami pada daun
keluar 3) Evaluasi penerapan teknik ecoprint dalam mengasah kemampuan
motorik halus pada anak kelompok B di TK Al Hidayah III. Diantaranya tanaman
yang kurang bervariasi dan alat yang tumbuk yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: MRS LITA AYU CAHYANING PUTRI
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:32
Last Modified: 09 Jul 2024 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35471

Actions (login required)

View Item View Item