Pembelajaran Aswaja Dalam Meningkatkan Kesadaran Moderasi Beragama di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Jenggawah Tahun Pelajaran 2023/2024.

Ahmad, Yusron Hanafi. (2024) Pembelajaran Aswaja Dalam Meningkatkan Kesadaran Moderasi Beragama di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Jenggawah Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH. Achnad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-082-PAI-2024)
yusron 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Yusron Hanafi., 2024: Pembelajaran Aswaja Dalam Meningkatkan
Kesadaran Moderasi Beragama di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim
Jenggawah Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata kunci: Pembelajaran dan Moderasi Beragama.
Pembelajaran moderasi beragama merupakan suatu yang sangat penting
untuk dillakukan. Karena dengan mengajarkan moderasi beragama akan membuat
siswa mengetahui pentingnya untuk bersikap tengah-tengah dan adil didalam
masyarakat. Hal tersebut dapat menghindarkan siswa dari bersikap ekstrem dalam
beragama dan mengajarkan siswa untuk taat dalam beragama dan bersikap
toleransi terhadap agama lain.
Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimanal
perencanaan pembelajaran Aswaja dalam meningkatkan kesadaran moderasi
beragama di MTs Wahid Hasyim Jenggawah? 2) Bagaimanal pelaksanaan
pembelajaran Aswaja dalam meningkatkan kesadaran moderasi beragama di MTs
Wahid Hasyim Jenggawah? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Aswaja dalam
meningkatkan kesadaran moderasi beragama di MTs Wahid Hasyim Jenggawah?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan
pembelajaran Aswaja dalam meningkatkan kesadaran moderasi beragama di MTs
Wahid Hasyim Jenggawah. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran
Aswaja dalam meningkatkan kesadaran Moderasi beragama di MTs Wahid Hsyim
jenggawah. 3) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran Aswaja dalam
meningkatkan kesadaran moderasi beragama di MTs Wahid Hasyim Jenggawah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis metode
deskripif kualitatif. Pengumpulam data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Kemudian teknik analisis data ini menggunakan pengumpulan data,
kondensasi data penyajian data, dan menarik kesimpulan,yakni dengan
mengumpulan data tentang Pembelajaran Aswaja Dalam Meningkatkan
Kesadaran Moderasi Beragama di MTs Wahid Hasyim Jenggawah Tahun
Pelajaran 2023/2024.
Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Perencanaan pembelajaran
Aswaja dalam meningkatkan kesadaran moderasi beragama berupa penentuan
metode, media, langkah-langkah serta evaluasi pembelajaran. 2) Pelaksanaan
pembelajaran Aswaja dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab
serta pelaksanaan tiga kegiatan pembelajaran (pembuka, inti, dan penutup) 3)
Evaluasi pembelajaran Aswaja berupa penilaian pengetahuan dan penilaian sikap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. HANAFI AHMAD YUSRON
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:39
Last Modified: 08 Jul 2024 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35482

Actions (login required)

View Item View Item