Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Putri Nur, Fajri (2024) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-084-PAI-2024)
SKRIPSI PUTRI WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses interaksi yang melibatkan komponen-komponen utama, yaitu peserta didik, pendidik, dan sumber belajar yang berlangsung dalam suatu lingkungan belajar. Sedangkan pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang dilakukan bersama kelompok-kelompok kecil yang melibatkan peserta didik dengan tujuan agar mencappai pembelajaran yang lebih baikFokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimanakah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran PAI di SMKN 3 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimanakah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran PAI di SMKN 3 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024? 3) Bagaimanakah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran PAI di SMKN 3 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMKN 3 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) Mendeskripsikan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMKN 3 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. 3) Mendeskripsikan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMKN 3 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Lokasi penelitian di kelas X Kuliner 2 SMKN 3 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun pengumpulan data dengan kondensasi data, penyajian data, penarika kesimpulan dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah 1) implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dimulai dari perencanaan mulai dari guru menyiapkan modul ajar, menyiapkan media pembelajaran, menyiapkan pembelajaran, dan menjelaskan metode pembelajaran yang akan diterapkan. Pada tahap pelaksanaan guru membagikan kelompok, bermain game / turnamen, dan pembagian reward. Pada tahap evaluasi guru melakukan tanya jawab bersama siswa. 2) implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dimulai dari perencanaan pertama guru menyiapkan modul ajar, menyiapkan media pembelajaran, menyiapkan pembelajaran, dan menjelaskan metode pembelajaran yang akan diterapkan. Pada tahap pelaksanaan guru membagikan kelompok, memulai game/permainan, dan pembagian reward. Pada tahap evaluasi guru melakukan tanya jawa bersama siswa. 3) implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dimulai dari perencanaan mulai dari guru menyiapkan modul ajar, menyiapkan pembelajaran, menjelaskan metode yang akan diterapkan. Pada tahap pelaksanaan guru membagi kelompok asal dan kelompok ahli, dan diskusi kelompok. Pada tahap evaluasi guru memberikan kuis kepada masing-masing kelompok untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa yang telah dicapai. Bentuk reward dalam 3 metode pembelajaran diatas bisa berupa barang atau makanan. Namun jika tidak menggunaan barang atau makanan, bisanya guru memberikan nilai tambahan kepada kelompok yang mendapatkan nilai/skor tertinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Nur Fajri
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:52
Last Modified: 08 Jul 2024 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35488

Actions (login required)

View Item View Item