Analisis Perubahan Metode Dirosati ke Metode Allimna Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Barokatul Ulum Ajung Jember.

Ahmad, baidawi (2020) Analisis Perubahan Metode Dirosati ke Metode Allimna Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Barokatul Ulum Ajung Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Ahmad Baidawi_T20161218.pdf

Download (8MB)

Abstract

Ahmad Baidawi, 2020: Analisis Perubahan Metode Dirosati ke Metode Allimna Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Barokatul Ulum Ajung Jember. Dalam menciptakan proses pembelajaran yang menarik, senang dan mempercepat pemahaman anak maka diperlukan metode pembelajaran. Metode merupakan cara yang berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan. Dengan pengertian ini metode pembelajaran sangat berperan penting untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran. Maka dari itu metode pembelajaran yang tidak sesuai dengan keadaan harus diubah dengan metode yang sesuai dan tepat dalam proses pembelajaran. Salah satu lembaga yang melakukan perubahan dalam metode pembelajarannya adalah TPQ Barokatul Ulum. Metode yang diterapkan sebelumnya adalah metode Dirosati yang kemudian diubah ke metode Allimna yang memiliki alasan tertentu. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses perubahan metode Dirosati ke metode Allimna di TPQ Barokatul Ulum Ajung Jember? 2) Bagaimana motif kepala TPQ dan Ustazah melakukan perubahan metode Dirosati ke metode Allimna di TPQ Barokatul Ulum Ajung Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan proses perubahan metode Dirosati ke metode Allimna di TPQ Barokatul Ulum Ajung Jember. 2) Untuk mendeskripsikan motif kepala TPQ dan Ustazah melakukan perubahan metode Dirosati ke metode Allimna di TPQ Barokatul Ulum Ajung Jember. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ialah Kepala TPQ Barokatul Ulum dan Pengajar TPQ Barokatul Ulum. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Kondensasi Data (Data Condensation), Penyajian Data (Data Display), Menarik dan Verifikasi Kesimpulan (Drawing and Verifying Conclusion). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi namun dalam penelitian ini proses triangulasi sudah dilakukan dalam proses verifikasi. Jadi proses triangulasi sudah tidak perlu dilakukan kembali karena telah dilakukan dalam proses analisis data. Hasil dan kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Proses perubahan metode Dirosati ke metode Allimna yang dilakukan oleh Taman Pendidikan Al-Qur’an Barokatul Ulum Ajung Jember yaitu dengan proses pelatihan, proses musyawarah, dan penerapan. 2) Motif perubahan metode Dirosati ke metode Allimna yang dilakukan oleh kepala TPQ dan ustazah adalah terdapat dua motif yaitu motif awal dan motif sekarang. Motif awal pihak TPQ melakukan perubahan metode pembelajaran Al-Qur’an karena terdapat rasa sungkan dari pihak TPQ pada pihak Ma’arif. Sedangkan motif sekarang mereka tetap menerapkan metode Allimna karena pihak TPQ mengharap barokah dari salah satu pencetus metode Allimna yakni Kiai Baharullah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:06
Last Modified: 07 Apr 2022 02:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3549

Actions (login required)

View Item View Item