MAKNA KEBAHAGIAAN KELUARGA DALAM PRESPEKTIF MENTAL ACCOUNTING

Heriyani, Olivia (2024) MAKNA KEBAHAGIAAN KELUARGA DALAM PRESPEKTIF MENTAL ACCOUNTING. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-047-AKSYA-2024)
OLIVIA HERIYANI_204105030108.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Mental Accounting, Kebahagiaan, Rumah Tangga Pengelolaan Keuangan.
Pada saat mengelola keuangan terdapat perilaku yang dikenal dengan mental accounting. Mental accounting merupakan kegiatan yang dilakukan oleh individu dalam mengelola keuangan pribadinya, dimana kegiatan tersebut adalah membuat susunan skala prioritas dari semua kebutuhan, lalu mengelompokkan kebutuhan atau pengeluaran tersebut ke dalam akun-akun yang berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu, bagaimana makna kebahagiaan dalam mengelola keuangan ?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui makna kebahagiaan dalam pengelolaan keuangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Kualitatif merupakan metode penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis ataupun lisan dari seseorang dan perilau yang dapat diamati serta dapat juga diarahkan pada latar dan individu secara holistic. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Di mana dalam hal ini penelitian melakukan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu dalam proses penelitian, sehingga peneliti memaparkan dan menggambarkan situasi secara nyata dan jelas
Adapun hasil dari penelitian ini mengetahui rasa bahagia dalam pengelolaan keuangan pada masyarakat di Desa Ardirejo Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo. Makna kebahagiaan muncul apabila keuangan dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan yang menciptakan rasa kepuasan dalam diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140208 Health Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: OLIVIA HERIYANI
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:54
Last Modified: 03 Jul 2024 07:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35490

Actions (login required)

View Item View Item