Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru di smk as syafi'i

Supandi, Irfan (0020) Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru di smk as syafi'i. Masters thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
IRFAN SUPANDI_213206010001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Irfan Supandi, 2024. “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kompetensi Guru di Sekolah Menengah Kejuruan As Syafi’i Rambipuji”. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I : Dr. H. Zainuddin Al Haj Zaini, Lc., M. Pd. I. Pembimbing II : H. Moch. Imam Machfudi, S.S., M. Pd., Ph. D.
Kata kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pengembangan Kompetensi Guru.

Kepala sekolah memiliki tanggung jawab yang besar di dalam merencanakan, mengorganisir, membina, melaksanakan serta mengendalikan sekolah dan sumber daya manusia yang ada di dalamnya bersama semua pengurus sekolah yang dipimpinnya. Oleh karenanya, kepala sekolah pun dituntut profesional dalam mengemban tugasnya, khususnya dalam memimpin, mengelola dan meningkatkan kompetensi guru.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana Perencanaan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru di SMK As Syafi’i? 2). Bagaimana Pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru di SMK As Syafi’i? 3). Bagaimana Evaluasi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru di SMK As Syafi’i? Adapun tujuan penelitian ini 1). Mendeskripsikan Perencanaan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru di SMK As Syafi’i. 2). Mendeskripsikan Pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru di SMK As Syafi’i 3). Mendeskripsikan Evaluasi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru di SMK As Syafi’i.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif Jenis deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, penentuan subyek penelitian menggunakan Purposive, sumber data berupa informan, kegiatan dan dokumen, analisis data menggunakan kondensasi data (Data condentation),Pemaparan data (Data display), penarikan dan verivikasi kesimpulan (Drawing and verifying conclution), Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan pengecekan anggota (Member Check).
Kesimpulan penelitian meliputi: 1) Perencanaan pengembangan kompetensi guru sudah dilakukan sesuai standar dimana semua komponen sekolah dilibatkan langsung dalam proses tersebut. Perencanaan mengembangkan kompetensi guru meliputi: a). Kompetensi kepribadian. b). Kompetensi pedagogig. c). Kompetensi professional. d). Kompetensi social. 2). Pelaksanaan Pengembangan Kompetensi Guru SMK As Syafii meliputi a. Pelaksanaan pengembangan kompetensi kepribadian dituangkan dalam bentuk kegiatan yang terdapat di kegiatan kurikuler, intra kurikuler dan ektra kurikuler. b. Pelaksanaan pengembangan kompetensi paedagogik dituangkan dalam program penyusunan perangkat pembelajaran meliputi RPP, silabus pembelajaran, prota, promes dan kalender pendidikan, Program Workshop. c. Peningkatan kompetensi profesional guru dituangkan pelatihan (diklat), workshop pembelajaran, diklat microteaching, kelompok diskusi guru mapel (peerteaching), hingga seminar-seminar internal dan juga dukungan kepala sekolah untuk guru yang melanjutkan studi keilmuannya. 3). Evalusi peningkatan kompetensi guru yang dilakukan berkaitan a). Prencanaan Pengembangan Kompetensi Guru b). Pelaksanaan Pengembangan Kompetensi Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. IRFAN SUPANDI
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:40
Last Modified: 03 Jul 2024 06:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35498

Actions (login required)

View Item View Item