Pesan Dakwah Dalam Video Opening Piala Dunia Qatar Pada Tahun 2022 (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Dzulqornain, Mukhammad Barly (2024) Pesan Dakwah Dalam Video Opening Piala Dunia Qatar Pada Tahun 2022 (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUKHAMMAD BARLY DZULQORNAIN_205103010002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Dalam konteks media massa, video tidak semata-mata dimaknai sebagai media hiburan, melainkan video juga dapat berperan sebagai media edukasi, media pemberi informasi, serta media untuk menyalurkan pesan kepada penonton. Salah satunya yakni pesan dakwah yang terdapat pada sebuah video yaitu opening piala dunia Qatar Tahun 2022. Video ini menceritakan tentang pagelaran piala dunia yang berbeda dengan edisi sebelumnya.
Fokus penelitian yang di teliti pada skripsi ini adalah 1) Apa saja scene dari video opening piala dunia Qatar yang secara denotatif mengandung pesan dakwah? 2) Apa saja scene dari video opening piala dunia Qatar yang secara konotatif mengandung pesan dakwah? 3) Apa saja scene dari video opening piala dunia Qatar yang secara mitos mengandung pesan dakwah?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis pesan dakwah yang terkandung pada video opening piala dunia Qatar secara denotatif, 2) Untuk menganalisis pesan dakwah yang terkandung pada video opening piala dunia Qatar secara konotatif, 3) Untuk menganalisis pesan dakwah yang terkandung pada video opening piala dunia Qatar secara mitos.
Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif dan menggunakan teori analisis semiotika Roland Barthes. Subjek penelitian video opening piala dunia Qatar Tahun 2022 dengan scene yang menunjukkan pesan dakwah pada objek penelitiannya. Dengan menggunakan pendekatan semiotika Barthes, penelitian ini bisa menunjukkan bagaimana elemen-elemen visual dalam video pembukaan Piala Dunia Qatar 2022 tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai alat dakwah yang efektif.
Hasil dari penelitian ini menyoroti bagaimana pesan-pesan religius dan nilai-nilai budaya Islam disampaikan melalui elemen-elemen visual dan simbolik dalam video pembukaan tersebut. Menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, menunjukkan adanya beberapa pesan menghargai perbedaan suku bangsa dan agama, pentingnya adab dan perilaku, kita di haruskan bersifat khusnudzon dan suudzon, aurat wanita wajib tertutup. Dengan menggunakan pendekatan semiotika Barthes, penelitian ini bisa menunjukkan bagaimana elemen-elemen visual dalam video pembukaan Piala Dunia Qatar 2022 tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai alat dakwah yang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mukhammad Barly Fatkhul Arif
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:48
Last Modified: 03 Jul 2024 07:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35505

Actions (login required)

View Item View Item