Penerapan Strategi Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantukan Media Spinning Wheel dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Islam Lumajang Tahun Pelajaran 2023/2024

Fitriyah, Kharismah (2024) Penerapan Strategi Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantukan Media Spinning Wheel dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Islam Lumajang Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-088-PAI-2024)
Fitriyah Kharismah_202101010036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Fitriyah Kharismah, 2024: Penerapan Strategi Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantukan Media Spinning Wheel dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Islam Lumajang Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci : Pembelajaran Team Games Tournament, Spinning Wheel, Hasil Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran Akidah Akhlak yang masih menggunakan pola lama yaitu menggunakan pembelajaran yang hanya berpusat pada guru, yang menyebabkan hasil belajar siswa yang rendah yaitu kurang dari KKM. Madrasah Aliyah Nurul Islam Lumajang merupakan sekolah yang menerapkan pembelajaran tersebut yang mana guru Akidah Akhlak lebih aktif dari pada siswanya. Salah satu alternatif yang diharapkan dapat menjadi solusi adalah dengan penerapan pembelajaran Team Games Tournament.
Rumusan masalah pada skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantukan Spinning Wheel dalam meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Islam Lumajang tahun pelajaran 2023/2024? 2) Apakah terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantukan media Spinning Wheel dalam meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Islam Lumajang tahun pelajaran 2023/2024?
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantukan media Spinning Wheel dalam meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak Kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Islam Lumajang tahun pelajaran 2023/2024, untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantukan media Spinning Wheel dalam meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak Kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Islam Lumajang tahun pelajaran 2023/2024.
Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian yaitu Quasy Experimental. Desain yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa, dengan masing-masing jumlah siswa untuk kelas Sains B 26 siswa dan kelas Social B 30 siswa.
Hasil dari penelitian ini meliputi:1) penerapan strategi pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantukan media Spinning Wheel diawali dengan penyajian kelas, pembentukan kelompok, permainan, pertandingan dan penghargaan kelompok 2) terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantukan media Spinning Wheel, dengan melihat dari perbandingan nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Sig. 0,001 < 0,05 dan nilai nilai t_hitung sebesar 3.499 > nilai t_(tabel ) sebesar 2,221 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fitriyah Kharismah
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:33
Last Modified: 03 Jul 2024 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35528

Actions (login required)

View Item View Item