Penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dalam peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2023/2024

Khusnia, Nuri (2024) Penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dalam peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-099-PAI-2024)
Nuri Khusnia_202101010058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum Merdeka ditunjukkan untuk memberikan bimbingan kepada peserta didik agar berakhlak mulia, selalu menjadikan kasih sayang dan sikap toleransi sebagai landasan hidupnya. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jember menggunakan metode STAD (Student Teams Achievement Division) untuk melatih siswa untuk bekerja sama dan membantu teman yang belum menguasai materi pembelajaran.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Jember. 2) Bagaimana penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) dalam peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Jember. 3) Apa Saja Kendala dalam penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Jember.
Penelitian ini bertujujuan untuk 1) Menjelaskan perencanaan metode Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Jember. 2) Mendeskripsikan penerapan metode Sudent Team Achievement Division (STAD) dalam peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Jember. 3) Menjelaskan kendala yang dihadapi dalam penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian purposive sampling. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah perencanaan metode Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Jember diawali dengan pembuatan modul dan menyiapkan materi. Sedangkan penerapannya sudah mengikuti sintaks yaitu dengan penyajian materi, pembentukan kelompok, diadakan kuis, dicari skor perkembangan, dan pemberian penghargaaan. Kendala yang dihadapi adalah waktu pembelajaran sehabis jam olahraga, fokus peserta didik yang menggunakan ponsel saat pembelajaran, dan kondisi peserta didik yang sudah kelelahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nuri Khusnia
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:30
Last Modified: 03 Jul 2024 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35531

Actions (login required)

View Item View Item