Sinergitas Guru dan Masyarakat dalam Menunjang Kecerdasan Spiritual Siswa pada MI Islamiyah Selomukti Mlandingan Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020.

AFIYAH KHUSNU, KHITAMINA (2020) Sinergitas Guru dan Masyarakat dalam Menunjang Kecerdasan Spiritual Siswa pada MI Islamiyah Selomukti Mlandingan Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
AFIYAH KHUSNU KHITAMINA_T20164034.pdf

Download (4MB)

Abstract

Afiyah Khusnu Khitamina, 2020: Sinergitas Guru dan Masyarakat dalam Menunjang Kecerdasan Spiritual Siswa pada MI Islamiyah Selomukti Mlandingan Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Sinergitas, Kecerdasan Spiritual, MI Islamiyah Kecerdasan spiritual adalah pusat paling dasar dalam diri manusia dan senantiasa menjadi landasan yang digunakan untuk memfungsikan kecerdasan yang lain seseorang. Kecerdasan spiritual dapat tertanam dengan baik pada diri seseorang sejak usia dasar, dalam hal ini peran guru dan masyarakat sangatlah penting. Guru MI Islamiyah melakukan sinergitas dengan masyarakat desa Selomukti dalam rangka menunjang kecerdasan spiritual siswa. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana sinergitas guru dan masyarakat dalam menunjang kecerdasan spiritual siswa melalui sholat berjamaah pada MI Islamiyah Selomukti Mlandingan Situbondo? 2) Bagaimana sinergitas guru dan masyarakat dalam menunjang kecerdasan spiritual siswa melalui pembacaan juz ‘amma pada MI Islamiyah Selomukti Mlandingan Situbondo?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan sinergitas guru dan masyarakat dalam menunjang kecerdasan spiritual siswa melalui sholat berjamaah pada MI Islamiyah Selomukti Mlandingan Situbondo. 2) Mendeskripsikan sinergitas guru dan masyarakat dalam menunjang kecerdasan spiritual siswa melalui pembacaan juz ‘amma pada MI Islamiyah Selomukti Mlandingan Situbondo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian berupa studi kasus. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Sinergitas guru dan masyarakat dalam menunjang kecerdasan spiritual siswa melalui sholat berjamaah, telah ada sejak MI Islamiyah Selomukti Mlandingan Situbondo berdiri pada tahun 1959 dan baru terealisaikan dengan baik pada pertengahan tahun 2000. 2) Sinergitas guru dan masyarakat dalam menunjang kecerdasan spiritual siswa melalui pembacaan juz ‘amma masih berlangsung selama beberapa tahun terakhir, setelah kegiatan sholat berjamaah berjalan normal. Serta adanya rumah tahfidz milik salah satu masyarakat desa Selomukti yang turut membantu dalam menunjang keceredasan spiritual siswa melalui program tahfidz Al-Qur’an berbayar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:54
Last Modified: 06 Apr 2022 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3554

Actions (login required)

View Item View Item